Peningkatan Hasil Belajar Fiqih Melalui Strategi Pembelajaran Aktif Index Card Match Pada Siswa Madrasah Tsanawiyah Salaful Muhajirin Bukit Murau Singkut.

Ismala, Hilda (2023) Peningkatan Hasil Belajar Fiqih Melalui Strategi Pembelajaran Aktif Index Card Match Pada Siswa Madrasah Tsanawiyah Salaful Muhajirin Bukit Murau Singkut. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[thumbnail of SKRIPSI Hilda Ismala.. - Hilda Ismala.pdf] Text
SKRIPSI Hilda Ismala.. - Hilda Ismala.pdf - Accepted Version

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh masih rendahnya hasil belajar siswa pada mata
pelajaran fiqih di Madrasah Tsanawiyah Salaful Muhajirin Bukit Murau Singkut. Hal
ini terjadi karena kurangnya strategi dan metode pembelajaran yang dilakukan oleh
guru yang mengajar. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilakukan bertujuan untuk
meningkatkan hasil belajar siswa menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe index
card match pada mata pelajaran fiqih. Strategi pembelajaran ini merupakan strategi
yang dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam belajar karena bersifat permainan.
Keberhasilan belajar ditunjukkan pada setiap siklus, dimulai saat pra siklus (observasi
awal) nilai yang ditunjukkan siswa bagi yang tuntas hanya 32,14% atau 9 orang dari
jumlah keseluruhan siswa adalah 28 orang. Pada siklua I nilai siswa yang tuntas
meningkat menjadi 57,14% atau 16 orang dari jumlah keseluruhan 28 siswa. Pada
siklus II nilai ketuntasan kembali meningkat menjadi 82,14% atau 23 orang dari
keseluruhan 28 siswa. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan strategi pembelajaran
aktif index card match dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII di Madrasah
Tsanawiyah Salaful Muhajirin Bukit Murau Singkut. Dari hasil penelitian ini, peneliti
menyarankan agar para guru dapat menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe index
card match dalam proses pembelajaran.
Kata Kunci: Penggunaan Strategi Pembelajaran Aktif T Index Card Match, Fiqih, Hasil

Belajar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: editor
Date Deposited: 30 May 2024 01:14
Last Modified: 30 May 2024 01:14
URI: https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/358

Actions (login required)

View Item
View Item