Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Materi Hukum Newton Kelas X Fisika Di MAN 2 Sarolangun

Amalia, Lisa (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Materi Hukum Newton Kelas X Fisika Di MAN 2 Sarolangun. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[thumbnail of SKRIPSI LISA AMALIA(206190010).1 - Liana Sartikaa.pdf] Text
SKRIPSI LISA AMALIA(206190010).1 - Liana Sartikaa.pdf - Accepted Version

Download (3MB)

Abstract

Hukum Newton memiliki banyak aplikasi dalam kehidupan sehari-hari sehingga
penting untuk meningkatkan pemecahan masalah pada materi ini. namun, pada saat
memecahkan masalah pada hukum newton peserta didik masih mengalami berbagai
kesulitan diantaranya dalam menentukan rumus dan gaya yang berinteraksi dengan
benda, hal ini dikarenakan pembelajaran yang diberikan tidak memberikan masalah
nyata yang berhubungan dengan kehidupan sehari-hari sehingga membutuhkan
model pembelajaran yang sesuai yang dapat menghubungkan peserta didik dengan
pengalaman langsung. Tujuan penelitian ini adalah menerapkan model
pembelajaran Problem Based Learning untuk meningkatkan kemampuan
pemecahan masalah pada hukum newton. Subjek penelitian ini melibatkan 30
peserta didik kelas X di MAN 2 Sarolangun. Metode penelitian yang digunakan
yaitu metode kuantitatif dengan pendekatan quasi eksperimen. Pengumpulan data
dilakukan dengan menggunakan 10 butir soal essay yang sudah divalidasi. Data
dianalisis menggunakan uji t = 0,04 dan uji Efek Size. Hasil penelitian menunjukan
bahwa t hitung lebih besar dari t tabel dengan efek size sebesar 0,607 (kategori
sedang). Hasil ini menunjukan bahwa PBL memberikan sumbangan yang
signifikan terhadap pengaruh pemecahan masalah. penelitian ini hanya dilakukan
pada Hukum Newton penelitian berikutnya diharapkan dapat menggunakan
teknologi dalam pembelajaran dan berguna dalam kehidupan sehari-hari.
Keyword: Problem Based Learning; pemecahan masalah; Hukum Newton; Fisika;
pembelajaran abad 21;

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan keguruan > Tadris Fisika
Depositing User: Perpustakaan UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
Date Deposited: 12 Jun 2024 02:21
Last Modified: 12 Jun 2024 02:21
URI: https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/999

Actions (login required)

View Item
View Item