“Keterampilan Guru Memberi Penguatan Dalam Pembelajaran Di Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Nurun Najah Olak Kemang Tahun Ajaran 2022/2023”

Lovita Sari, Eka (2023) “Keterampilan Guru Memberi Penguatan Dalam Pembelajaran Di Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Nurun Najah Olak Kemang Tahun Ajaran 2022/2023”. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[thumbnail of SKRIPSI Penyerahan Eka-1 - Ulfi Syakira.pdf] Text
SKRIPSI Penyerahan Eka-1 - Ulfi Syakira.pdf - Accepted Version

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan keterampilan
memberi penguatan guru dalam pembelajaran di kelas V Madrasah Ibtidiyah
Nurun Najah Olak Kemang. Aspek yang diamati dalam keterampilan memberi
penguatan meliputi komponen penguatan dan cara menggunakan penguatan.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan subjek penelitian yaitu guru
di kelas V Madrasah Ibtidiyah Nurun Najah Olak Kemang. Lokasi penelitian
dilaksanakan di kelas VA MI Nurun Najah Olak Kemang yang bertempat di
Kota Jambi Sebrang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah
observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Data dianalisis melalui reduksi
data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan
data menggunakan perpanjangan pengamatan dan triangulasi teknik. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa guru menerapkan komponen keterampilan
memberi penguatan dalam pembelajaran yang mencakup penguatan verbal dan
penguatan non verbal. Penguatan verbal diterapkan dengan memberikan pujian
dengan kata-kata dan kalimat. Penerapan penguatan non verbal dilakukan
gerakan mimik dan gerakan badan.
Kata Kunci : Keterampilan, Penguatan dalam Pembelajaran

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan keguruan > Pendidikan guru madrasah ibtidaiyah
Depositing User: Perpustakaan UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
Date Deposited: 12 Jun 2024 01:47
Last Modified: 12 Jun 2024 01:47
URI: https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/988

Actions (login required)

View Item
View Item