Manajemen Kepala Madrasah Dalam Peningkatan Profesionalitas Guru Di Madrasah Tsanawiyah Sa‟adah El-Islamiyah Tembilahan Kabupaten Indragiri Hilir

Efendi, M (2023) Manajemen Kepala Madrasah Dalam Peningkatan Profesionalitas Guru Di Madrasah Tsanawiyah Sa‟adah El-Islamiyah Tembilahan Kabupaten Indragiri Hilir. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[thumbnail of M.EFENDI - Efendi Muhtar.pdf] Text
M.EFENDI - Efendi Muhtar.pdf - Accepted Version

Download (2MB)

Abstract

Kepemimpinan pada sebuah lembaga pendidikan merupakan aspek
yang sangat penting dalam menjalankan fungsi manajemen pendidikan.
Lemahnya kinerja pemimpin akan mempengaruhi kualitas kerja seluruh
personal di sebuah lembaga pendidikan, termasuk kualitas profesional
guru pada sebuah madrasah. Penelitian ini betujuan untuk menelaah lebih
jelas tentang kualitas manajemen Kepala Madrasah dalam peningkatan
profesionalitas guru di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Sa‟adah
El-Islamiyah Tembilahan Kabupaten Indragiri Hilir serta faktor apa saja
yang mempengaruhinya.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang menjadikan
seluruh guru MTs Sa‟adah El-Islamiyah Tembilahan yang berjumlah 21
orang sebagai informan. Penelitian ini menggunakan teknik wawancara
dalam mengumpulkan data utamanya yang dilengkapi dengan teknik
observasi serta dokumentasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui (a) untuk mengetahui fakta manajemen Kepala Madrasah dan
profesionalitas guru, (b) untuk mengetahui upaya manajemen Kepala
Madrasah dalam peningkatan profesionalitas guru, dan (c) Untuk
mengetahui hasil manajemen Kepala Madrasah dalam peningkatan
profesionalitas guru.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, kualitas manajemen
Kepala Madrasah dalam peningkatan profesional guru Madrasah
Tsanawiyah Sa‟adah El-Islamiyah Kabupaten Indragiri Hilir dikategorikan
berkualitas menengah atau dalam sebutan lain berkualitas sedang.
Kedua, faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas manajemen Kepala
Madrasah dalam peningkatan profesional guru sehingga hanya
mencapai kategori menengah atau sedang adalah: Faktor yang
mendukung adalah (a) Tingkat pendidikan Kepala Madrasah; (b) Motivasi
berprestasi Kepala Madrasah, dan (c) Tingkat pendidikan guru.
Sedangkan faktor penghambat adalah (a) Kemampuan Manajerial Kepala
Madrasah, (b) Kualitas administrasi madrasah, dan (c) Kualitas sarana
dan prasarana.
Kata kunci: manajemen, kepala madrasah, profesionalitas guru

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (S2)
Depositing User: editor
Date Deposited: 12 Jun 2024 01:40
Last Modified: 12 Jun 2024 01:40
URI: https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/984

Actions (login required)

View Item
View Item