“Hubungan Intensitas Penggunaan Tiktok dengan Perilaku Konsumtif Mahasiswa Fakultas Dakwah UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi”

Lestari, Desi Indah (2023) “Hubungan Intensitas Penggunaan Tiktok dengan Perilaku Konsumtif Mahasiswa Fakultas Dakwah UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi”. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[thumbnail of SKRIPSI DESI INDAH L_BPI  2023 (1) - Ahmad Hafis.pdf] Text
SKRIPSI DESI INDAH L_BPI 2023 (1) - Ahmad Hafis.pdf - Accepted Version

Download (3MB)

Abstract

Di Indonesia, aplikasi tiktok diluncurkan pada bulan Mei 2017 (Aprilliana
et al., 2020). Di Indonesia, mayoritas pengguna aplikasi tiktok adalah wanita
berusia antara 13 hingga 21 tahun. Fenomena Tiktok di masyarakat menawarkan
keuntungan bagi penggunanya seperti memperluas jejaring sosial, memberikan
hiburan yang menarik dan berbagi informasi. Selain manfaat tersebut, pengguna
memiliki efek positif yang dapat membangun kreativitas dan meningkatkan
popularitas pengguna. Selain berguna untuk ekspresi diri, platform media sosial
seperti Tiktok juga memungkinkan untuk konsumsi dalam skala besar. Selain itu,
aplikasi Tiktok juga membuat platform pemasaran produk bernama Tiktokshop.
Memfasilitasi penjualan produk dengan mudah dan terlebih lagi dengan harga
yang terjangkau.
Jenis penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan metode
pengumpulan data melalui angket (kuesioner) dan dokumntesi. Popolasi pada
penelitian ini adalah mahasiswa fakultas dakwah UIN STS Jambi. Pengambilan
sampel pada penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling dengan
rumus slovin sehinggan menghasilkan 87 sampel. Metode analisis data pada
penelitian ini yaitu menggunakan korelasi product moment.
Berdasarkan hasil uji analisis korelasi product moment yang dilakukan
menunjukkan nilai signifikansi yang didapat sebesar 0.030 ≤ 0.05 yang berarti
hipotesis nol (Ha) diterima dan hipotesis alternatif (Ho) ditolak. Hal ini berarti
terdapat hubungan antara intensitas penggunaan TikTok dengan perilaku
konsumtif mahasiswa Universitas Islam Negeri Sultan Thaha Saifuddin Jambi.

Kata Kunci : Perilaku Konsumtif, Intensitas Penggunaan Tiktok

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Dakwah > Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: Perpustakaan UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
Date Deposited: 12 Jun 2024 01:24
Last Modified: 12 Jun 2024 01:24
URI: https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/973

Actions (login required)

View Item
View Item