Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Inkuiri Pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar Islam Terpadu Asy-Syifa Al-Inayah VI Kota Jambi

Safitri, Syerli Dwi (2023) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Inkuiri Pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar Islam Terpadu Asy-Syifa Al-Inayah VI Kota Jambi. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[thumbnail of Syerli Dwi Safitri 204190019 PGMI UIN STS JAMBI - Syerli Dwi Safitri.pdf] Text
Syerli Dwi Safitri 204190019 PGMI UIN STS JAMBI - Syerli Dwi Safitri.pdf - Accepted Version

Download (9MB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk LKPD
berbasis inkuiri pada pembelajaran tematik di kelas IV, dan untuk mengetahui
respon pendidik dan peserta didik terhadap produk LKPD berbasis inkuiri yang
telah dikembangkan oleh peneliti. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian
ini adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan model
pengembangan ADDIE yang dikembangkan oleh Dick and Carry tahun 1996 yang
terdiri dari lima tahap yaitu: Analysis, Design, Development, Implementation, dan
Evaluation. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti dalam penelitian
pengembangan ini adalah observasi, wawancara, lembar instrument validasi,
angket, dan dokumentasi, dan sumber datanya yaitu kepala sekolah, wali kelas IV

dan seluruh peserta didik kelas IV Sekolah Dasar Islam Terpadu Asy-Syifa Al-
Inayah VI Kota Jambi. Hasil penelitian produk LKPD berbasis inkuiri ini

menunjukkan bahwa LKPD layak digunakan sebagai bahan ajar, hal ini
berdasarkan dari hasil penilaian yang diperoleh dari ahli materi memperoleh skor
rata-rata 86,67% dengan kategori sangat valid, selanjutnya dari ahli media
memperoleh skor rata-rata 95,33% dengan kategori sangat valid, dan dari ahli
bahasa memperoleh skor rata-rata 93,33% dengan kategori sangat valid. Kemudian
hasil angket penilaian respon pendidik terhadap produk LKPD memperoleh skor
rata-rata 94,67% dengan kategori sangat menarik. Selanjutnya, hasil angket
penilaian respon peserta didik terhadap kemenarikan produk LKPD pada tahap uji
coba kelompok kecil memperoleh skor rata-rata 88,58% dengan kategori sangat
menarik, dan pada tahap uji coba kelompok besar memperoleh skor rata-rata
85,23% dengan kategori sangat menarik. Oleh karena itu, berdasarkan dari hasil
penelitian, maka peneliti menyimpulkan bahwa produk LKPD berbasis inkuiri yang
telah dikembangkan oleh peneliti layak dan menarik digunakan dalam lingkup
pendidikan dan kegiatan pembelajaran.
Kata Kunci : Research and Development (R&D), Lembar Kerja Peserta Didik
(LKPD), Model Pembelajaran Inkuiri, Pembelajaran Tematik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan keguruan > Pendidikan guru madrasah ibtidaiyah
Depositing User: Perpustakaan UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
Date Deposited: 12 Jun 2024 01:06
Last Modified: 12 Jun 2024 01:06
URI: https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/963

Actions (login required)

View Item
View Item