Peningkatan Keterampilan Koneksi Matemat Siswa Melalui Model Pembelajaran Cooperative Meaningful Instructional Design (C-MID) Pada Pembelajaran Matematika Kelas IV MIS Nurul Yaqin Simpang Sungai Duren

Nurhasanah, Aisya (2023) Peningkatan Keterampilan Koneksi Matemat Siswa Melalui Model Pembelajaran Cooperative Meaningful Instructional Design (C-MID) Pada Pembelajaran Matematika Kelas IV MIS Nurul Yaqin Simpang Sungai Duren. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[thumbnail of Aisya Nurhasanah 204190028 PENINGKATAN KETERAMPILAN KONEKSI MATEMATIS __SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE__MEANINGFUL INSTRUCTIONAL DESIGN (C-MID)__PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS__IV MIS N.pdf] Text
Aisya Nurhasanah 204190028 PENINGKATAN KETERAMPILAN KONEKSI MATEMATIS __SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE__MEANINGFUL INSTRUCTIONAL DESIGN (C-MID)__PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS__IV MIS N.pdf - Accepted Version

Download (6MB)

Abstract

Berdasarkan observasi yang dilakukan peneliti di Madrasah Ibtidaiyah
Swata Nurul Yaqin Simpang Sungai Duren, peneliti menemukan siswa yang
kurang termotivasi dan minta dalam pembelajaran matematikan khusnsya dalam
keterampilan koneksi matematis pada kelas IV. Oleh karena itu peneliti berupaya
menyelesaikan permasalah ini dengan menerapkan model pempelajaran
Cooperative Meaningful Instructional Design (C-MID) untuk meningkatkan
keterampilan koneksi matematis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
bagaimana peningkatan keterampilan koneksi matematis siswa kelas IV di MIS
Nurul Yaqin Simpang Sungai Duren. Penelitian ini adalah penelitian tindakan
kelas (PTK) yang menggunakan model penelitian Kemmis & Mc Taggart yang
mana pada setiap siklusnya melalui beberapa tahapan seperti; perencanaan,
pelaksaaan dan observasi serta refleksi. Pada penelitian ini pengumpulan data
diperoleh melalui observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Dengan teknis
analisi data melalui analisis data kualitatif meliputi pengumpulan data, reduksi
data, penyajian data dan penarikan kesimpulan dan analisis data kuantitatif
melupiti perhitungan hasil belajar siswa, perhitungan nilai rata-rata dan
perhitungan ketuntasan klasikal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui
model pembelajaran Cooperative Meaningful Instructional Design (C-MID dapat
meningkatkan keterampilan koneksi matematis siswa. Hal ini ditunjukan adanya
peningkatan hasil belajar siswa dari prasiklus ke siklus I dan dari siklus I ke siklus

II, dengan hasil persentase ketuntasan klasikal pada prasiklus 25,92% dengan rata-
rata nilai 54,44% kemudian persentase ketuntasan klasikal pada siklus I 62,96%

dengan nilai rata-rata 66,66% sedangkan persentase ketuntasan klasikal pada
siklus II 88,88% dengan nilai rata-rata 81,85%.

Kata Kunci : Keterampilan Koneksi Matematis, Cooperative Meaningful
Instructional Design (C-MID)

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan keguruan > Pendidikan guru madrasah ibtidaiyah
Depositing User: Perpustakaan UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
Date Deposited: 12 Jun 2024 00:56
Last Modified: 12 Jun 2024 00:56
URI: https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/957

Actions (login required)

View Item
View Item