Penerapan Metode Inquiry Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas III Pada Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar Negeri 142/1 Sengkati Kecil Kecamatan Mersam Kabupaten Batanghari Jambi

Pebdayanti, Chayrana (2023) Penerapan Metode Inquiry Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas III Pada Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar Negeri 142/1 Sengkati Kecil Kecamatan Mersam Kabupaten Batanghari Jambi. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[thumbnail of WM Skripsi Chayrana Pebdayanti .. - chay rana.pdf] Text
WM Skripsi Chayrana Pebdayanti .. - chay rana.pdf - Accepted Version

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa
pada pembelajaran tematik di kelas III Sekolah Dasar Negeri 142/1 Sengkati Kecil
Kecamatan Mersam Kabupaten Batanghari Jambi yang disebabkan oleh
rendahnya kualitas pembelajaran yang dilakukan oleh guru, dimana kurangnya
metode yang digunakan oleh guru saat proses pembelajaran tematik ini
menimbulkan kebosanan pada siswa dan siswa menjadi pasif saat proses
pembelajaran berlangsung. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas
(PTK) dengan mengambil latar di Sekolah Dasar Negeri 142/1 Sengkati Kecil.
Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III di Sekolah Dasar Negeri 142/1
Sengkati Kecil, sedangkan objek penelitian ini adalah penggunaan metode inquiry
untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas III pada pembelajaran tematik di
Sekolah Dasar Negeri 142/1 Sengkati Kecil. Penelitian ini dilakukan dalam dua
siklus dan melalui 4 tahapan yang mencakup : (1) Perencanaan (2) Pelaksanaan
(3) Observasi (4) Refleksi.
Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah obsevasi, tes,
wawancara dan dokumentasi. Dan teknik analisis data yang terdiri dari
pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil
ini menunjukan bahwa penerapan metode inquiry untuk meningkatkan hasil
belajar siswa kelas III pada pembelajaran tematik di Sekolah Dasar Negeri 142/1
Sengkati Kecil Kecamatan Mersam Kabupaten Batanghari Jambi dapat
meningkatkan hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran. Peningkatan hasil
belajar siswa dapat diukur dari evaluasi siklus I dan siklus II dapat dilihat pada
siklus I keaktifan siswa mencapai 65,2% pada siklus II keaktifan siswa meningkat
81,3% dari kedua siklus tersebut keaktifan siswa meningkat 16,5% pada lembar
observasi guru dapat dilihat pada siklus I mencapai 66,25% pada siklus II
observasi guru meningkat 80% dapat dikatakan bahwa hasil penelitian ini di
Sekolah Dasar Negeri 142/1 Sengkati Kecil Kecamatan Mersam Kabupaten
Batanghari Jambi telah tercapai dengan baik.
Kata Kunci:Hasil Belajar Siswa, Metode Inquiry, Pembelajaran Tematik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan keguruan > Pendidikan guru madrasah ibtidaiyah
Depositing User: Perpustakaan UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
Date Deposited: 12 Jun 2024 00:57
Last Modified: 12 Jun 2024 00:57
URI: https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/956

Actions (login required)

View Item
View Item