Wijaya, Fikri (2023) Pengaruh Kualitas Pelayanan, Promosi, Dan Lokasi Terhadap Minat Masyarakat Menabung di Bank Syariah Indonesia (BSI) (Studi Pada Masyarakat Kecamatan Merlung). Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.
Full text not available from this repository.Abstract
Dalam penelitian ini meliputi tiga faktor yang mempengaruhi minat, yaitu
kualitas pelayanan, promosi, dan lokasi. sebab ketiga faktor tersebut sangat
berkaitan erat dengan apa yang dirasakan oleh masyarakat. Penelitian ini
dilakukan untuk mengetahui apakah faktor kualitas pelayanan, promosi, dan
lokasi berpengaruh terhadap minat masyarakat menabung di Bank Syariah
Indonesia KFO Mikro Merlung. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian
ini adalah kuantitatif deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah nasabah pada
BSI KFO Mikro Merlung yang berjumlah 17.493 orang. Jumlah sampel yang
didapat dilapangan lalu diolah menggunakan rumus slovin maka didapatkan hasil
sebanyak 100 responden.
Berdasarkan hasil perhitungan data tersebut diketahui bahwa kualitas
pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat masyarakat
menabung karena nilai thitung ˃ ttabel yaitu 4,683 ˃ 1,660 dan nilai signifikan yang
dihasilkan 0,000 ˂ 0,05, promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap
minat masyarakat menabung karena nilai thitung ˃ ttabel yaitu 3,221 ˃ 1,660 dan nilai
signifikan yang dihasilkan 0,000 ˂ 0,05 dan lokasi berpengaruh positif dan
signifikan terhadap minat masyarakat menabung karena nilai thitung ˃ ttabel yaitu
2,313 ˃ 1,660 dan nilai signifikan yang dihasilkan 0,000 ˂ 0,05.
Hasil uji F yaitu kualitas pelayanan, promosi, dan lokasi bersamaan
berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat masyarakat menabung karena
nilai Fhitung ˃ Ftabel atau 6,365 ˃ 1,660 dan nilai signifikan yang dihasilkan 0,000 ˂
0,05. Jadi dapat disimpulkan bahwa secara bersamaan atau secara simultan
berpengaruh terhadap minat masyarakat menabung.
Hasil uji determinasi (R2) terhadap variabel bebas yaitu, kualitas
pelayanan, promosi, dan lokasi terhadap variabel terikat yaitu minat masyarakat
menabung adalah sebesar 66,2% sedangkan sisanya yaitu 33,8% yang dipengaruhi
oleh faktor lain diluar variabel ini.
Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Promosi, Lokasi, Minat Menabung
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HJ Public Finance |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | editor |
Date Deposited: | 11 Jun 2024 02:44 |
Last Modified: | 03 Oct 2024 01:06 |
URI: | https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/949 |