Kreativitas Guru Pai Dalam Menciptakan Situasi Belajar Mengajar Yang Efektif Pada Siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Kabupaten Muaro Jambi

Gustrinda, Gustrinda (2023) Kreativitas Guru Pai Dalam Menciptakan Situasi Belajar Mengajar Yang Efektif Pada Siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Kabupaten Muaro Jambi. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[thumbnail of WM GUSTRINDA 201190325 - tkislam khairunnisa.pdf] Text
WM GUSTRINDA 201190325 - tkislam khairunnisa.pdf - Accepted Version

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini dilatar belakangi oleh kurangnya efektivitas saat proses
pembelajaran berlansung padahal untuk mencapai tujuan pembelajaran maka saat
belajar mengajar itu harus efektif. Tujuan penelitian ingin mengetahui Kreativitas
Guru Pai Dalam Menciptakan Situasi Belajar Mengajar Yang Efektif Pada Siswa
Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Kabupaten Muaro Jambi. Penelitian ini termasuk
dalam jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Penelitian ini
dilakukan di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Muaro jambi. Subjek penelitian
yaitu kepala sekolah, guru PAI, dan siswa. Jenis datanya yaitu data primer dan
sekunder. Sumber datanya berupa manusia, suasana, foto. Teknik pengumpulan
data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik
analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Teknik
pemeriksaan data yaitu perpanjang keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan
triangulasi.
Hasil temuan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa pertama Proses
Pembelajarn Fiqih Di Kelas VIII Mts Tsanawiyah Negeri 2 Muaro Jambi yaitu
guru menyiapkan perangkat pembelajaran seperti RPP, dan menggunakan metode
yang sesuai. Kedua Kreativitas Guru Dalam Menciptakan Situasi Belajar Fiqih
Yang Efektif Di Kelas VII Mts Tsanawiyah Negeri 2 Muaro Jambi yaitu
memotivasi siswa dalam belajar, kreatifitas guru dalam memanfaatkan waktu
Ketiga Kreativitas Yang Dilakukan Oleh Guru Dalam Menciptakan Belajar Fiqih
Yang Efektif yaitu aspek koknitif, aspek efektif.
Kesimpulan Kreativitas Guru Pai Dalam Menciptakan Situasi Belajar
Mengajar Yang Efektif Pada Siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Kabupaten
Muaro Jambi belum efektik karena masih ada guru yang belum menyiapkan bahan
saat mengajar.
Kata Kunci :Kraetuvitas, Belajar yang efektif

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
Date Deposited: 11 Jun 2024 02:15
Last Modified: 11 Jun 2024 02:15
URI: https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/941

Actions (login required)

View Item
View Item