Meningkatkan Kemampuan Menulis Pemulaan Menggunakan Metode Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) Pada Pelajaran Tematik Kelas III di MIN 05 Merangin

Amalia, Rika (2022) Meningkatkan Kemampuan Menulis Pemulaan Menggunakan Metode Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) Pada Pelajaran Tematik Kelas III di MIN 05 Merangin. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[thumbnail of WATERMARK SKRIPSI RIKA AMALIA - Dini Angraini.pdf] Text
WATERMARK SKRIPSI RIKA AMALIA - Dini Angraini.pdf - Accepted Version

Download (3MB)

Abstract

Menulis adalah merangkai-rangkai huruf menjadi kata atau kalimat.
Kemampuan menulis berarti kemampuan untuk mengungkapkan gagasan,
pendapat dan perasaan kepada pihak lain melalui bahasa tulis. Metode CIRC
merupakan singkatan dari Cooperative Integrated Reading And Composition yang
merupakan suatu pendekatan yang dikembangkan oleh kurikulum untuk
pembelajaran bahasa Indonesia. Tujuan digunakannya metode ini agar peserta
didik mampu menulis menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Adapun jenis
tindakan yang diamati adalah Meningkatkan Kemampuan Menulis Pemulaan
Menggunakan Metode Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC)
Pada Pelajaran Tematik Kelas III di MIN 05 Merangin. Adapun pokok
permasalahan yang akan diteliti ialah apakah dengan Metode Cooperative
Integrated Reading And Composition (CIRC) dapat meningkatkan kemampuan
menulis pemula pada pelajaran Tematik Kelas III di MIN 05 Merangin.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan Menggunakan Metode
Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) Pada Pelajaran
Tematik Kelas III di MIN 05 Merangin dapat meningkat. Hal ini dapat dilihat
pada pra siklus, siklus I dan siklus dimana hasil yang dicapai adalah dimana pada
Kerapian tulisan siswa pada siklus I sebesar 66,66% sedangkan pada siklus II
meningkat menjadi 85,18%. Dari hasil siklus I dan siklus II tersebut terjadi
peningkatan sebesar 18,5 2%. Sementara Kemampuan siswa melengkapi kata
dalam kalimat pada siklus I sebesar 18,51%sedangkan pada siklus II meningkat
menjadi 77,77%. Dari hasil siklus I dan siklus II tersebut terjadi peningkatan
sebesar 59,26%. Dan Kemampuan siswa dalam menyusun kata dalam kalimat
pada siklus I sebesar 62,96% sedangkan pada siklus II meningkat menjadi
88,88%. Dari hasil siklus I dan siklus II tersebut terjadi peningkatan sebesar
25,92%.
Kata Kunci: Menusli, Metode CIRC, Bahasa Indonesia

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan keguruan > Pendidikan guru madrasah ibtidaiyah
Depositing User: editor
Date Deposited: 27 May 2024 01:35
Last Modified: 27 May 2024 01:35
URI: https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/94

Actions (login required)

View Item
View Item