Implementasi Pembelajaran Abad 21 dengan Model Problem Based Learning di Sekolah Dasar Negeri 139 Kabupaten Tebo

Nur'aisyah, Arum (2023) Implementasi Pembelajaran Abad 21 dengan Model Problem Based Learning di Sekolah Dasar Negeri 139 Kabupaten Tebo. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[thumbnail of SKRIPSI ARUM NUR’AISYAH - Intan tri Handayani.pdf] Text
SKRIPSI ARUM NUR’AISYAH - Intan tri Handayani.pdf - Accepted Version

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang implementasi pembelajaran abad 21 dengan
model problem based learning di Sekolah Dasar Negeri 139 Kabupaten Tebo,
Berdasarkan observasi awal yang dilakukan peneliti di Sekolah Dasar Negeri 139
Kabupaten Tebo, guru sudah menerapkan model pembelajaran problem based
learningdalam penerapannya belum sepenuhnya maksimal menerapkan
pembelajaran abad 21. Peneliti menemukan guru masih kesulitan dalam
menggunakan model problem based learning sehingga berpengaruh pada siswa.
Siswa masih merasakan kesulitan kesulitanmemecahkan masalah, berkomunikasi
dan bekerja sama. Tujuan penelian ini adalah mendeskripsikan modelproblem
based learning mampu memecahkan permasalahan pembelajaran abad 21 di
Sekolah Dasar Negeri 139 Kabupaten Tebo. Metode yang digunakan ialah
kualitatif istilah-istilah penelitian kualitatif merupakan penelitian untuk
mengeksplorasi dan memahami makna yang oleh sejumlah individu atau
kelompok orang dianggap berasal dari masalah social atau kemanusiaan. Atas
berbagai pertimbangan sebagaimana dikemukakan di atas maka yang akan
dijadikan sebagai informan (Subjek penelitian) ini adalah guru serta peneliti
sendiri dan siswa kelas IV SDN 139 Tebo. Hasil penelitian yang diperoleh,
Implementasi pembelajaran abad 21 dengan model problem based learningdi
Sekolah Dasar Negeri 139 Kabupaten Tebo sudah berjalan dengan baik.
Hambatan yang dialami guru dalam implementasi model problem based learning
mampu memecahkan permasalahan pembelajaran abad 21 di Sekolah Dasar
Negeri 139 Kabupaten Tebo meliputi kurangnya fasilitas sarana dan prasarana

belajar, pemilihan masalah yang sesuai dengan yang terjadi di kehidupan sehari-
hari, dan lamanya waktu belajar dengan penerapan model problem based

learning. Model problem based learning mampu memecahkan permasalahan
pembelajaran abad 21 di Sekolah Dasar Negeri 139 Kabupaten Tebo pada jenis
materi dan mata pelajaran tertentu seperti kesenian, sejarah dan lain-lain.
Kata kunci : Implementasi Pembelajaran Abad 21 dengan Model Problem

Based Learning

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan keguruan > Pendidikan guru madrasah ibtidaiyah
Depositing User: Perpustakaan UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
Date Deposited: 11 Jun 2024 02:09
Last Modified: 11 Jun 2024 02:09
URI: https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/939

Actions (login required)

View Item
View Item