Manajemen Sistem Informasi Dalam peningkatan Mutu Layanan Pendidikan Pondok Pesantren di Propinsi Riau

Maimunah, Maimunah (2023) Manajemen Sistem Informasi Dalam peningkatan Mutu Layanan Pendidikan Pondok Pesantren di Propinsi Riau. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perencanaan,
pelaksanaan, pengendalian, dan membuat perancangan, dan menevaluasi,
sistem informasi madrasah dengan menggunakan metode Analisis SWOT,
untuk meningkatkan mutu layanan pendidikan di pondok pesantren di
propinsi Riau.
Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan, analisis
diskriptif kualitatif studi kasus peentuan subyek penelitiannya yaitu tiga
operator madrasah,kepala madrasah, staf,Tim Unit teknologi Informasi
madrasah di tiga pondok pesantren yang ada di Riau, yaitu pondok
pesantren teknologi, pondok pesantren darul hikmah,dan pondok
pesantren Tembilahan. pada penelitian ini ,dilakukan melalui studi
literterature rivieuw melalui systimatic literature rivieuw, untuk mencari
reseaarch gap, metode pengumpulan data yaitu, wawancara, observasi
dan dokumentasi, yang berkaitan dengan komponen sistem informasi, yaitu
hard were, sofwere, brand were.adapun teknik analisa data, menggunakan
teknik reduksi data, penyajian data verfikasi data dan penarikan kesimpulan
Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan, pelaksanaan
pengendalian, pada manajemen sistem informasi dalam meningkatkan
mutu layanan pendidikan di pondok peantren Riau, sudah dilaksanakan
melalui berbagai langkah. Langkah pertama dalam perencanaan, membuat
konsep manajemen sisitem informasi, langkah kedua membangun tim
pengembangan Manajemen sistem informasi, UTI,Unit Teknologi
Informasi, dalam pembagian tugas IT yang di emban, langkah ketiga adalah
rapat bersama stakeholder untuk menerima umpan balik perencanaan,
pelaksanaan , Pengendalian manajemen sistem informasi dalam untuk
meningkatkan mutu layanan pendidikan adapun pelaksanaan sistim
informasi, yaitu a) mereduksi data yang masuk, b) memasukkan data
tersebut ke komputer, c) validasi data, supaya data yang di entry operator
benar-benar sesuai dengan kenyataan dan bukan hasil rekayasa, d) data
disajikan dalam bentuk tabel, dan e) menerjemahkan data Manajemen
sistem informasi menjadi sebuah informasi akademik, yang dibutuhkan
lembaga pendidikan pondok pesantren.
Manajemen sistem informasi dalam perencanaan ,pelaksanaan
pengendalian, untuk meningkatkan mutu layanan pendidikan, melalui
beberpa langkah, yaitu melalui hasil rapat, yaitu pengorganisasian, tenaga
tim Unit teknologi, dan yang kedua adalah sistem pengambilan keputusan
yang sifatnya normatif, sistem normatif. langkah ketiga pelaksanaan
operasional sisitem operasi program madrasah, adapun faktor pendukung
adanya dukungan dari seluruh jajaran pegawai,guru, karyawan, dan siswa
,walisiswa, masyarakat, adanya pembinaan, tim UTI, Bertambahnya
sarana pendukung yang cukup memadai. adanya niat yang besar untuk
selalu ingin belajar dan membenahi diri dan kerja sama, Faktor
penghambat, terbatasnya SDM yang terampil yakni teknisi, progremer,

x

dalam pengelolaa ganguan sistem,sehingga pelaksanaan manajemen
sistem informasi belom berjalan dengan maksimal.adapun indikasinya
1.Sistem informasi dapat membantu organisasi lebih efektif dalam mencapai suatu
tujuan.2.Layanan informasi pendidikan merupakan upaya yang dilakukan untuk
mendapatkan sebuah pencapaian kepuasan pelanggan,
3. kualitas layanan yang diberikan yang berhubungan dengan teknologi
komunikasi dan informasi madrasah dapat meningkatkan kualitas
Kata Kunci: Manajemen sisitem informasi, Mutu layanan Pendidikan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (S2)
Depositing User: Perpustakaan UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
Date Deposited: 11 Jun 2024 02:00
Last Modified: 02 Oct 2024 02:39
URI: https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/938

Actions (login required)

View Item
View Item