Pengelolaan Parkir Berdasarkan Peraturan Bupati Sarolangun Nomor 8 Tahun 2021 Tentang Pedoman Penyelenggaraan Retribusi Pelayanan Parkir Di Tepi Jalan Umum (Studi Kasus Di Pasar Singkut Kabupaten Sarolangun)

Milenia, Livtika (2023) Pengelolaan Parkir Berdasarkan Peraturan Bupati Sarolangun Nomor 8 Tahun 2021 Tentang Pedoman Penyelenggaraan Retribusi Pelayanan Parkir Di Tepi Jalan Umum (Studi Kasus Di Pasar Singkut Kabupaten Sarolangun). Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[thumbnail of SKRIPSI LIVTIKA MILENIA 105190233 - Livtika Milenia.pdf] Text
SKRIPSI LIVTIKA MILENIA 105190233 - Livtika Milenia.pdf - Accepted Version

Download (9MB)

Abstract

Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui pengelolaan parkir berdasarkan peraturan
bupati Sarolangun nomor 8 tahun 2021 tentang pedoman penyelenggaraan retribusi
pelayanan di tepi jalan umum (studi kasus di pasar Singkut kabupaten Sarolangun),
mengetahui pelaksanaan Dinas Perhubungan mengenai pengelolaan parkir di tepi jalan
umum terdapat beberapa kendala yang dihadapi Dinas Perhubungan Kabupaten
Sarolangun, serta mengetahui faktor penyebab pendukung dan penghambat
pengelolaan parkir di tepi jalan umum. Penelitian ini menggunakan pendekatan
kulaitatif dengan metode pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi dan
wawancara. Berdasarkan penelitian yang dilakukan dapat diambil kesimpulan sebagai
berikut: Masih terbatasnya sarana dan prasarana Dinas Perhubungan Kabupaten
Sarolangun yang dimiliki dan masih kurang memadainya perlengkapan fasilitas parkir
seperti rambu-rambu parkir, marka parkir, karcis parkir, pos parkir. Kendala yang
dihadapi Dinas Perhubungan Kabupaten Sarolangun adalah pada tarif retribusi parkir
di kawasan Pasar Singkut yang berbeda dengan ketentuan Peraturan Daerah, masih
terbatasnya personil Perhubungan dalam meningkatkan dan mengembangkan SDM.
Kemudian pengelolaan lahan parkir yang belum memadahi. Faktor yang mendukung
pelaksanaan dalam pengelolaan pelayanan parkir kendaraan di luar tepi jalan umum
kawasan Kabupaten Sarolangun adalah dengan banyaknya pertumbuhan kendaraan
yang ada memang harus diubah sistem pengelolaanya demi terwujudnya kenyamanan
para pengguna jalan khususnya dalam mengatur tata kendaraan di jalan, setiap
pengguna jasa parkir agar dapat menggunakan sesuai dengan fungsinya. Sementara
faktor penghambatnya adalah kurangnya kesadaran dan pemahaman satuan kerja,
lembaga/organisasi dan masyarakat terhadap rambu-rambu, tata tertib dan disiplin
dalam berlalu lintas.
Kata Kunci: Pengelolaan, Penyelenggaraan Retribusi, Pelayanan Parkir

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Syariah > Ilmu Pemerintahan
Depositing User: Perpustakaan UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
Date Deposited: 11 Jun 2024 01:56
Last Modified: 11 Jun 2024 01:56
URI: https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/937

Actions (login required)

View Item
View Item