Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (Stad) Untuk Meningkatkan Minat Baca Melalui Media Puzzle Pada Siswa Kelas Iii Di Sekolah Dasar 103/X Sido Mukti

Qoriah, Qoriah (2023) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (Stad) Untuk Meningkatkan Minat Baca Melalui Media Puzzle Pada Siswa Kelas Iii Di Sekolah Dasar 103/X Sido Mukti. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[thumbnail of 204190141 PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN MINAT BACA MELALUI MEDIA PUZZLE PADA - akmal saputra.pdf] Text
204190141 PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN MINAT BACA MELALUI MEDIA PUZZLE PADA - akmal saputra.pdf - Accepted Version

Download (2MB)

Abstract

Pelnelitian ini belrtujuan untuk melngimplelmelntasikan model pelmbelajaran koopelratif
tipel Studelnt Telams Achielvelmelnt Division (STAD) melnggunakan meldia puzzlel
dalam upaya melningkatkan minat baca siswa kelas 3. Minat baca adalah faktor
utama yang melmpelngaruhi kelmampuan melmbaca dan pelmahaman siswa. Namun,
minat baca di kalangan siswa kelas 3 selringkali relndah dan pelrlu suatu pelndelkatan
yang melnarik untuk melningkatkan minat baca melrelka. Delsain pelnelitian ini adalah
pelnelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Subjelk pelnelitian adalah
siswa kelas 3 di selkolah dasar nelgelri 103/X Sido Mukti. Dalam seltiap
siklusnya,model pelmbelajaran koopelratif tipel STAD delngan meldia puzzlel
ditelrapkan dalam prosels pelmbelajaran telmatik selama belbelrapa pelrtelmuan. Hasil
pelnelitian melnunjukkan bahwa pelnelrapan model pelmbelajaran koopelratif tipel STAD
melnggunakan meldia puzzlel elfelktif dalam melningkatkan minat baca siswa kelas 3.
Selama pelnelitian, minat baca siswa melngalami pelningkatan yang signifikan. Selain
itu, pelmbelajaran koopelratif juga melndorong kolaborasi dan partisipasi aktif siswa
dalam prosels pelmbelajaran. Delngan nilai aktivitas belajar siswa pada siklus I selbelsar
70% dan siklus II selbelsar 84%. Seldangkan pelningkatan hasil minat baca siswa dapat
diukur dari seltiap siklusnya, minat baca siswa pada siklus I selbelsar 3,2 delngan
katelgori‟melndelkati minat‟ dan kelminatan melmbaca siswa pada siklus II selbelsar 4,1
delngan katelgori‟melndelkati sangat minat‟. Delngan delmikian hasil pelnelitian di
Selkolah Dasar Nelgelri 103/X Sido Mukti telah telrcapai delngan baik.
Kata Kunci : Minat Baca, Studelnt Telams Achielvelmelnt Division, Meldia puzzlel,
pelnelitian tindakan kelas

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan keguruan > Pendidikan guru madrasah ibtidaiyah
Depositing User: Perpustakaan UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
Date Deposited: 11 Jun 2024 01:52
Last Modified: 11 Jun 2024 01:52
URI: https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/936

Actions (login required)

View Item
View Item