Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Aritmetka Sosial Berdasarkan Newman’s Error Analysis

Pujiastuti, Sri Rohanna (2023) Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Aritmetka Sosial Berdasarkan Newman’s Error Analysis. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[thumbnail of Heri Firmansyah Putra (602190022) Strategi Mujtama' di Kuala Tungkal. - Putra Herri.pdf] Text
Heri Firmansyah Putra (602190022) Strategi Mujtama' di Kuala Tungkal. - Putra Herri.pdf - Accepted Version

Download (4MB)

Abstract

Penelitian deskriptif kualitatif ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan
serta mengetahui penyebab kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan
soal cerita pada materi aritmetika sosial berdasarkan newman’s error analysis.
Subjek penelitian ini adalah 6 siswa kelas VII MTs Nururrodhiyah Kota Jambi,
dengan 2 siswa kategori tinggi, 2 siswa kategori sedang dan 2 siswa kategori
rendah. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode tes,
observasi, wawancara, dan dokumentasi. Peneliti menggunakan triangulasi teknik
untuk menguji keabsahan data. Teknik analisis data pada penelitian ini yaitu
reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada
materi aritmetika sosial berdasarkan newman’s error analysis: (1) kesalahan
membaca soal pada penelitian ini telah di analisis bahwa kesalahan ini banyak
terjadi pada tingkat kategori rendah, (2) kesalahan memahami masalah pada
penelitian ini telah di analisis bahwa kesalahan ini banyak terjadi pada kategori
rendah, (3) kesalahan transformasi pada penelitian ini telah di analisis bahwa
kesalahan ini banyak terjadi pada tingkat kategori rendah dan sedang, (4)
kesalahan keterampilan proses pada penelitian ini telah di analisis bahwa
kesalahan ini banyak terjadi pada tingkat kategori rendah, sedang dan tinggi, (5)
kesalahan penulisan jawaban kategori pada penelitian ini telah di analisis bahwa
kesalahan ini banyak terjadi pada tingkat kategori rendah, sedang dan tinggi.
Adapun penyebab kesalahan siswa dalam penelitian ini yaitu kurangnya ketelitian
dan kemampuan dalam menyelesaikan soal matematika.
Kata Kunci: Kesalahan, Newman’s error analysis, Aritmetika sosial

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Perpustakaan UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
Date Deposited: 10 Jun 2024 08:13
Last Modified: 10 Jun 2024 08:13
URI: https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/915

Actions (login required)

View Item
View Item