Pelaksanaan Praktik Keagaman Siswa Pada SMAN 4 Kabupaten Tanjung Jabung Timur Provinsi Jambi

Fitriana, Dwi (2023) Pelaksanaan Praktik Keagaman Siswa Pada SMAN 4 Kabupaten Tanjung Jabung Timur Provinsi Jambi. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[thumbnail of SKRIPSI Dwi (Watermark) - Dwi Fitriana.pdf] Text
SKRIPSI Dwi (Watermark) - Dwi Fitriana.pdf - Accepted Version

Download (4MB)

Abstract

Skripsi ini dilatar belakangi oleh pelaksanaan praktik keagamaan siswa yang
belum berjalan dengan optimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui
bagaimana bentuk pelaksanaan praktik keagamaan siswa selama ini, mengetahui
apa saja faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan praktik keagamaan siswa
dan upaya yang dapat dilakukan guru PAI dalam meningkatkan pelaksanaan
praktik keagamaan siswa.
Metode penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif, dan jenis penelitian
kualitatif dengan pendekatan penelitian lapangan (field recearch). Sumber data
dari penelitian ini terdiri dari data primer yaitu: guru PAI dan siswa, data skunder
yaitu: wakakur, wakasis, dan guru BK. Sedangkan teknik pengumpulan data yang
digunakan peneliti adalah observasi,wawancara, dan dokumentasi. Data yang
telah dikumpulkan kemudian diolah dengan cara reduksi data, penyajian data dan
penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan praktik keagamaan siswa
di SMAN 4 Tanjung Jabung Timur belum berjalan dengan optimal didukung
dengan fasilitas prasarana yang kurang memadai dari sekolah, dimana sekolah
hanya memfasilitasi musholla yang cukup layak sebagai tempat praktik
keagamaan siswa. Selain itu juga faktor dari dalam diri siswanya dan kurangnya
pengawasan dari pihak sekolah sehingga pelaksanaan praktik keagamaan siswa di
SMAN 4 Tanjung Jabung Timur belum berjalan optimal dan belum disiplin
terhadap program keagamaan yang dibiasakan disekolah. Sebab muasabab juga
karna sangsi dan hukuman yang diberikan dari sekolah belum memberikan jera
terhadap siswa. Dari hal demikian tentunya upaya yang dilakukan oleh guru PAI
untuk meningkatkan praktik keagamaan siswa ialah selalu memberikan nasehat
dan pandangan-pandangan positif kepada siswa dan melakukan kerjasama dengan
semua pihak guru dengan memberikan teguran dan mengingatkan siswa untuk
ikut melaksanakan praktik keagamaan.
Kata Kunci: Pelaksanaan Keagamaan, Shalat dzuhur, Shalat Berjama”ah, Hadroh
Sholawat

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: editor
Date Deposited: 21 May 2024 04:02
Last Modified: 21 May 2024 04:02
URI: https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/9

Actions (login required)

View Item
View Item