Penerapan Disiplin Pada Anak Usia Dini Sebagai Upaya Membangun Karakter Anak Sejak Dini di Taman Kanak Kanak Primadika School Kabupaten Muaro Jambi

Ratnasari, Dewi (2023) Penerapan Disiplin Pada Anak Usia Dini Sebagai Upaya Membangun Karakter Anak Sejak Dini di Taman Kanak Kanak Primadika School Kabupaten Muaro Jambi. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[thumbnail of TESIS DEWI RATNASARI NIM 801192008 - Dewi Ratnasari.pdf] Text
TESIS DEWI RATNASARI NIM 801192008 - Dewi Ratnasari.pdf - Accepted Version

Download (9MB)

Abstract

Penerapan disiplin pada anak adalah merupakan salah satu dari
tujuan pendidikan. Dimana disiplin adalah taat, tertib, atau dapat
mengendalikan tingkah laku yang sangat perlu ditanamkan pada diri
anak sejak usia dini agar anak mampu mengendalikan tingkah lakunya
dan dapat mematuhi tata tertib yang ada dilingkungan sekitarnya.
Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan pentingnya
penerapan disiplin pada anak usia dini, mendeskripsikan bagaimana
penerapan disiplin pada anak usia dini, mendeskripsikan upaya yang
dilakukan guru dalam menerapkan disiplin anak usia dini, serta
mendeskripsikan kendala yang dihadapi dalam penerapan disiplin pada
anak usia dini sebagai upaya membangun karakter anak sejak dini di
Taman Kanak-kanak Primadika School Kabupaten Muaro Jambi.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yang
dilaksanakan di Taman Kanak-kanak Primadika School Desa Marga
Mulya kecamatan Sungai Bahar. Teknik pengumpulan data yang
digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis
data dalam penelitian ini meliputi reduksi data, penyajian data, dan
mengambil kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data dengan
menggunakan teknik perpanjangan pengamatan, meningkatkan
ketekunan pengamatan, triangulasi, dan berkonsultasi dengan
pembimbing.
Guru Taman Kanak-kanak Primadika School Kabupaten Muaro
Jambi dalam menerapkan disiplin pada anak usia dini sebagai upaya membangun karakter anak sejak dini memiliki kepribadian yang mampu menunjukkan kedisiplinan. Faktor yang menyebabkan kurangnya disiplin guru Taman Kanak-kanak Primadika School yaitu faktor eksternal seperti kondisi tempat tinggal guru yang memang cukup jauh dari tempat mengajar dan kendaraan yang tidak selalu ada. Upaya kepala sekolah dalam meningkatkan kedisiplinan dan tanggung jawab guru yaitumemantau dan membina kinerja guru sehingga adanya sangsi dan reward yang di berikan.

Kata Kunci : Penerapan Disiplin pada anak usia dini, Upaya Membangun Karakter Anak, Anak Usia Dini

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (S2)
Depositing User: Dinda Arynomi Milenia Putri
Date Deposited: 07 Jun 2024 08:33
Last Modified: 07 Jun 2024 08:33
URI: https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/899

Actions (login required)

View Item
View Item