“Pola Asuh Orang Tua Dalam Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini 5-6 Tahun Pada Masa Pandemi Covid 19 Di Desa Marga Mulya Kecamatan Sungai Bahar Kabupaten Muaro Jambi (Studi Kasus Media Gadget)”.

Umah, Nurika Sangidatul (2023) “Pola Asuh Orang Tua Dalam Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini 5-6 Tahun Pada Masa Pandemi Covid 19 Di Desa Marga Mulya Kecamatan Sungai Bahar Kabupaten Muaro Jambi (Studi Kasus Media Gadget)”. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[thumbnail of 1. NURIKA SANGIDATUL UMAH MPI801202045 - nurika sangidatul umah.pdf] Text
1. NURIKA SANGIDATUL UMAH MPI801202045 - nurika sangidatul umah.pdf - Accepted Version

Download (3MB)

Abstract

Perkembangan sosial emosional anak berusia dini sangat dipengaruhi
oleh pola asuh keluarganya karena usia 5 sampai 6 tahun kini sudah
mengenal adanya Gadget seiring perkembangan zaman. Penggunaan
gadget pada usia ini tentu mempengaruhi perilaku anak, salah satunya
dalam perkembangan social emosional anak.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pola asuh,
kendala dan dampak pola asuh orang tua di Desa Marga Mulya
Kecamatan Sungai Bahar Kabupaten Muaro Jambi (studi kasus media
gadget)
Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tehnik
pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi.
Teknik analisis data ini dilakukan dengan menggunakan reduksi data,
penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Pola Asuh Orang Tua di Desa Marga Mulya mayoritas menggunakan
pola asuh demokratis, ada juga sebagian yang menggunakan pola asuh
otoriter dan permisif. Kendalanya yaitu pendidikan orang tua, kondisi
ekonomi dan manajemen waktu orang tua dirumah. Terakhir dampak
tergantung pola asuh yang telah diterapkan orang tua kepada anak.
Apabila pola asuh otoriter, dampak nya pada anak terlihat ketelambatan
bicara ketika anak bermain dengan temannya, ada juga yang kurang
berkonsentrasi dan banyak diam bila sedang bermain dengan temannya.
Pada pola asuh permisif, terlihat anak mudah marah dan emosi yang
kurang stabil ketika dirumah bahkan adayang sulit tidur bila belum
bermain atau memegang gadget. Pada pola asuh demokratis, anak
terlihat mulai bisa bermain dengan wajar tanpa ada kekerasan, dan anak
terbiasa sopan santun ketika berbicara maupun ketika ingin bermain
gadget dengan izin terlebih dahulu kepada orang tua.

Kata kunci: Pola Asuh, Orang Tua, Sosial Emosional, Gadget

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (S2)
Depositing User: Dinda Arynomi Milenia Putri
Date Deposited: 07 Jun 2024 08:16
Last Modified: 07 Jun 2024 08:16
URI: https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/896

Actions (login required)

View Item
View Item