Peran Guru Al-Qur`an Hadist dalam mengatasi kesulitan membaca Al-Qur`an pada siswa kelas 3 di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Yaqin Muaro Jambi

Anggraini, Vina (2023) Peran Guru Al-Qur`an Hadist dalam mengatasi kesulitan membaca Al-Qur`an pada siswa kelas 3 di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Yaqin Muaro Jambi. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[thumbnail of VINA ANGGRAINI 201190185 - DinNi Foto Copy.pdf] Text
VINA ANGGRAINI 201190185 - DinNi Foto Copy.pdf - Accepted Version

Download (5MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang Peran Guru Al-Qur`an Hadist dalam mengatasi
kesulitan membaca Al-Qur`an pada siswa kelas 3 di Madrasah Aliyah Nurul
Yaqin Muaro Jambi. Yang mana peneliti ingin mengetahui bagaimana kegiatan
peran guru dalam mengatasi kesulitam siswa membaca Al-Qur`an. Tujuan Dari
Penelitian ini adalah mengetahui aktifitas peran guru, kendala yang di hadapi dan
peningkatan kemampuan siswa setelah belajar. Objek penelitian ini adalah siswa
kelas 3, metode penelitian yang menggunakan pendekatan deskriptip kualitatif,
dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini
menunjukan bahwa peran guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa membaca
Al-Qur`an ialah guru memberikan materi pelajaran tentang hukum ilmu tajwid,
melaksanakan kegiatan pembiasaan membaca Al-Qur`an sebelum kegiatan
pembelajaran, guru melakukan kegiatan latihan berupa setoran hapalan dan
menilai tes bacaan siswa. kesulitan yang dihadapai guru dalam menjalankan
peranya untuk mengatasi kesulitan membaca Al-Qur`an pada siswa kelas 3 yaitu
siswa membaca Al-Qur`an masih terbata-bata, belum menguasai kaidah ilmu
tajwid, kurangnya percaya diri, lingkungan sosial siswa yang kurang baik Tingkat
kemampuan anak membaca Al-Qur`an setelah belajar Al-Qur`an Hadist yaitu
mengalami peningkatan kualitas bacaan Al-Qur`an, siswa memahamai tentang
hukum bacaan ilmu tajwid, dan bertambahnya kemampuan siswa.
Kata Kunci : Peran Guru, kesulitan, membaca Al-Qur`an

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: editor
Date Deposited: 07 Jun 2024 07:50
Last Modified: 07 Jun 2024 07:50
URI: https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/893

Actions (login required)

View Item
View Item