Manajemen Pengembangan Kurikulum di Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Kota Jambi

Andreani, Syakila (2023) Manajemen Pengembangan Kurikulum di Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Kota Jambi. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[thumbnail of SKRIPSI SYAKILA ANDREANI WATERMARK - Syakila Andreani.pdf] Text
SKRIPSI SYAKILA ANDREANI WATERMARK - Syakila Andreani.pdf - Accepted Version

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang manajemen pengembangan kurikulum
kurikulum di Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Kota Jambi. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui manajemen pengembangan kurikulum di Madrasah Tsanawiyah
Negeri 3 Kota Jambi. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sumber data
dalam penelitian ini diperoleh dari data primer dan sekunder. Data diperoleh
melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan
bahwa Manajemen Pengembangan Kurikulum di Madrasah Tsanawiyah Negeri 3
Kota Jambi yaitu perencanaan kurikulum dimulai dengan mengadakan rapat oleh
tim pengembang kurikulum yang merupakan menentukan strategi awal dalam
perencanaan kurikulum. Pengorganisasian kurikulum yaitu terdapat tim
perencanaan kurikulum yang diketuai oleh waka kurikulum, waka kesiswaan, dan
guru senior yang berkopeten dalam bidangnnya. Pelaksanaan kurikulum yakni
madrasah menerapkan kurikulum 2013 pada kelas delapan dan sembilan sedangkan
kurikulum merdeka pada kelas tujuh berjalan dengan baik. Evaluasi kurikulum
yaitu kepala madrasah memiliki peran untuk mengawasi setiap perkembangan
kurikulum yang ada dilingkungan madrasah. Selanjutnya melakukan supervise
untuk melihat hasil dari perencanaan kurikulum apakah sudah berjalan dengan
efektif atau tidak. Faktor-faktor penghambat antara lain : belum maksimalnya
pelatihan untuk tenaga pendidik dan kependidikan terkain pengembangan
kurikulum. Faktor pendukung antara lain : madrasah berkerja sama dengan pihak
luar seperti kementrian agama, dinas pendidikan dan dinas terkait untuk bisa
menjalankan kurikulum sesuai dengaan yang telah direncanakan. Analisis SWOT
dalam manajemen pengembangan kurikulum di Madrasah Tsanawiyah Negeri 3
Kota Jambi yaitu dengan menggunakan variabel kekuatan (strength), kelemahan
(weakness), peluang (opportunity ) dan ancaman (threats). Peneliti memiliki saran
yakni sebaiknya Tenaga Pendidik dan Kependidikan harus mengikuti diklat yang
resmi dalam penerapan kurikulum merdeka agar berjalan lebih maksimal lagi.
Kata Kunci : Manajemen, Pengembangan, Kurikulum, Madrasah
Tsanawiyah Negeri

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Perpustakaan UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
Date Deposited: 07 Jun 2024 03:54
Last Modified: 07 Jun 2024 03:54
URI: https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/887

Actions (login required)

View Item
View Item