Anggraini, Julia (2023) Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak Dalam Al-Qur’an Surah Luqman Ayat 12-19 Dan Implikasinya Terhadapa Pembelajaran Akidah Akhlak Siswa Kelas VIII D Madrasah Tsanawiyah Negeri 4 Kota Jambi. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.
Full text not available from this repository.Abstract
Skripsi ini membahas tentang nilai-nilai pendidikan akhlak dalam Al-Qur’an
surah Luqman ayat 12-19 dan implikasinya terhadap pembelajaran Akidah
Akhlak siswa kelas VIII D Madrasah Tsanawiyah Negeri 4 Kota Jambi. Penelitian
ini menemukan bahwa masih rendahnya akhlak siswa/i kelas VIII D di Madrasah
Tsanawiyah Negeri 4 Kota Jambi, yang mana ditemukan indikator terjadinya
perkelahian, berbicara kasar, mengobrol ketika guru menjelaskan materi dan lain-
lain sebagainya. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan nilai-nilai
pendidikan akhlak dalam Q.S Luqman ayat 12-19 dan mengetahui implikasi Q.S
Luqman ayat 12-19 terhadap pembelajaran Akidah Akhlak siswa kelas VIII D.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode penelitian
deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan di Madrasah Tsanawiyah Negeri 4
Kota Jambi, yang beralamat di Jl.Berdikari Rt.23 Kelurahan Payo Selincah, Kec.
Jambi Timur, Kota Jambi. Subjek Penelitian yaitu Kepala Madrasah, Guru Akidah
Akhlak kelas VIII, dan siswa/i kelas VIII D. Jenis data primer dan sekunder.
Teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik
analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi/penarikan
kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data yaitu pengamatan yang tekun
dan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, nilai-nilai
pendidikan Akhlak yang terdapat dalam Al-Qur’an surah Luqman ayat 12-19
meliputi nilai kesyukuran, nilai tauhid dan akhlak terhadap Allah Swt, kemudian
nilai-nilai akhlak terhadap kedua orang tua, serta nilai-nilai akhlak terhadap
sesama manusia. Kedua, implikasi ini menghasilkan respon yang cukup bagus
bagi siswa yang menyukai pembelajaran Akidah Akhlak, meskipun diantaranya
masih ada beberapa siswa yang masih belum terimplikasi. Ketiga, kendala yang
dihadapi guru dalam implikasi nilai-nilai pendidikan akhlak Q.S Luqman ayat 12-
19 dipengaruhi oleh beberapa faktor, yaitu faktor pendukung yang meliputi
kegiatan ektrakulikuler dan kegiatan keagamaan, kemudian faktor penghambat
yang meliputi kurangnya kesadaran diri siswa, lingkungan dan juga keluarga.
Kata Kunci : Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak, Al-Qur’an, Pembelajaran
Akidah Akhlak
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | editor |
Date Deposited: | 07 Jun 2024 03:44 |
Last Modified: | 17 Oct 2024 05:21 |
URI: | https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/886 |