Firdaus Ansori, Muhammad (2023) Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Inovasi Pembelajaran Bahasa Arab di Sekolah Menengah Pertama Daarut Tauhiid Boarding School Batam Kecamatan Sagulung Kota Batam Kepulauan Riau. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menemukan pengembangan: (1)
Kompetensi pedagogik guru dalam inovasi pembelajaran bahasa arab, (2),
Upaya guru melakukan inovasi pembelajaran bahasa arab, (3) Alasan
penting penelitian faktor penghambat inovasi pembelajaran bahasa arab.
Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif, sedangkan metode yang
digunakan adalah metode deskriptif. Sumber data yang digunakan terdiri
dari informan, lokasi, peristiwa atau aktivitas, dokumen dan arsip. Teknik
pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan
dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Berdasarkaan kompetensi
pedagogik guru dalam inovasi pembelajaran bahasa arab hasilnya ialah
bahwasanya guru belum mampu mengembangkan kurikulum yang ingin
dicapai, guru bahasa arab masih kurang berpengalaman dalam mengajar
bahasa arab, kualifikasi guru pengampu bukan di bidang bahasa arab
sehingga belum maksimal dalam melakasanakan proses pembelajaran
dan pemilihan metode pembelajaran yang belum dikuasai. (2) Guru
melakukan inovasi pembelajaran bahasa arab dengan memanfaatkan
media pembelajaran. (3) Faktor penghambat inovasi pembelajaran bahasa
arab di SMP Daarut Tauhiid Boarding School Batam dalam penelitian ini
yakni siswa belum sepenuhnya memiliki dasar bahasa arab. Peserta didik
kurang percaya diri dalam berbahasa arab.
Kata Kunci: Kompetensi, Pedagogik, Guru, Bahasa Arab.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (S2) |
Depositing User: | editor |
Date Deposited: | 07 Jun 2024 03:28 |
Last Modified: | 02 Oct 2024 02:38 |
URI: | https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/881 |