Rukmana, Lailawati (2023) Implementasi Pendidikan Karakter Tanggung Jawab Melalui Penanaman Nilai Keagamaan Di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Hidayah Kota Jambi. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.
Full text not available from this repository.Abstract
Skripsi ini membahas tentang Implementasi Pendidikan Karakter Tanggung Jawab
Melalui Penanaman Nilai Keagamaan Di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Hidayah Kota
Jambi. Karena masih banyak siswa yang tidak bertanggungjawab terhadap tugas dan
kewajibannya,seperti membuang sampah, mengerjakan PR, piket kelas dan menjaga
kebersihan lingkungan sekolah, tidak mengikuti rutinitas tiap hari seperti sholat Dhuha
dan Sholat Zuruh berjamaa. Penulis dalam penelitian ini menggunakan penelitian
kualitatif jenis data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi data primer dan data
sekunder, tekhnik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi,wawancara dan
dokumentasi, data yang telah dikumpulkan kemudian diolah dengan menggunakan
analisis domain, analisi taksonomi dan analisis kompensial. Hasil penelitian
menunjukan bahwa Karakter Tanggung Jawab Siswa Kelas V, untuk karakter
tanggungjawab setiap siswa diberi tugas untuk mengisi buku tugas sholat lima waktu
untuk diisi dirumah, setiap akhir bulan selalu dikumpulkan buku tersebut dan dinilai,
dari situlah kita mengetahui karakter anak apakah dia jujur atau tidak, apakah dia
bertanggungjawab apa tidak, dan juga kerja sama antara guru dan orangtua,
Implementasi Nilai Keagamaan Dalam Pendidikan Karakter Tanggung Jawab
Kegiatan penerapan pendidikan karakter tanggungjawab pada siswa dimulai dari diri
sendiri, diri para guru apakah guru bertanggungjawab apa tidak, Pembinaan karakter
itu sangat penting, terkait dengan program sekolah tentang pembiasaan keagamaan
yang sudah di biasakan sejak MI Al Hidayah ini berdiri. Pelaksanaan shalat dhuha
disini dilakukan setiap pagi, sekitar jam 06.30-07.00 WIB sebelum KBM berlangsung.
Dalam pembiasaan shalat dhuha usaha pembinaan karakter yang dibangun dalam
kegiatan ini diantaranya yaitu ketetapan waktu, jadi sekitar jam 06.15 peserta didik
diharuskan untuk mendatangi masjid, Dalam yang bertugas untuk menjadi imam itu
dari guru untuk doanya kita lakukan bersama-sama walaupun stagmennya menurut
syar’i shalat dhuha itu harusnya dilakukan dengan sendiri-sendiri dan semua itu sudah
kita jelaskan kepada peserta didik bahwa sholat dhuha dilakukan bersama-sama karena
ada unsur littarbiyah yaitu untuk pendidikan, di terapkan dengan keteladanan ke
biasaan dan pendekatan, Tantangan Dan Solusi Guru Dalam Penerapan Karakter
Tanggung Jawab Melaui Nilai-Nilai Keagamaan lingkungan dan orang tua faktor
peserta didik dan faktor guru, untuk solusinya kerja sama dengan orang tua, guru harus
telaten dan teladan.
Kata Kunci : Karakter, Tanggung jawab dan Nilai keagamaan
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan keguruan > Pendidikan guru madrasah ibtidaiyah |
Depositing User: | Perpustakaan UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi |
Date Deposited: | 07 Jun 2024 03:11 |
Last Modified: | 17 Oct 2024 04:41 |
URI: | https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/878 |