Implementasi Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MTSN 1 Merangin.

Khotimah, Anggun (2023) Implementasi Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MTSN 1 Merangin. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[thumbnail of skripsi selesai - anggun khotimah.pdf] Text
skripsi selesai - anggun khotimah.pdf - Accepted Version

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan proses implementasi
strategi pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada mata pelajaran Akidah Akhlak
di kelas VIII A MTSN 1 Merangin 2) Mendeskripsikan apa saja kendala yang
dihadapi guru dalam proses implementasi strategi pembelajaran kooperatif tipe
jigsaw pada mata pelajaran Akidah Akhlak di kelas VIII A MTSN 1 Merangin, 3)
Mendeskripsikan upaya guru mengatasi kendala dalam proses implementasi
strategi pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada mata pelajaran Akidah Akhlak
di kelas VIII A MTSN 1 Merangin. Untuk mencapai tujuan dari penelitian di atas,
peneliti menggunakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif dan desain
yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Penelitian
dilakukan di MTSN 1 Merangin, subyek penelitian adalah guru mata pelajaran
akidah akhlak kelas VIII A dan siswa kelas VIII A. pengumpulan data dilakukan
dengan mengadakan observasi atau pengamatan, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian implementasi strategi pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada
mata pelajaran Akidah Akhlak di kelas VIII A MTSN 1 Merangin yaitu : 1)
proses implementasi strategi pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada mata
pelajaran Akidah Akhlak di kelas VIII A MTSN 1 Merangin, sudah berjalan
dengan baik dimana sebelum pembelajaran guru membuat rpp, menyampaikan
tujuan dan langkah-langkah pembelajaran sebelum dimulai. 2) kendala yang
dihadapi guru dalm prose implementasi strategi pembelajaran koopratif tipe
jigsaw adalah (1) Masih ada siswa yang enggan mengemukakan pendapatnya,(2)
kelas yang tidak kondusif, (3) daya serap siswa yang berbeda. 3) upaya yang
dilakukan guru dalam mengatasi kendala tersebut adalah (1) memberikan motivasi
dan dorongan kepada peserta didik, (2) belajar diluar kelas, (3) guru hrus menjadi
pembimbing yang baik bagi peserta didik.
Kata Kunci : Strategi Pembelajaran Kooperatif, Tipe Jigsaw, Akidah Akhlak

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Dinda Arynomi Milenia Putri
Date Deposited: 07 Jun 2024 02:53
Last Modified: 07 Jun 2024 02:53
URI: https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/876

Actions (login required)

View Item
View Item