Handayani, Dela (2023) Pengembangan Modul IPAS Terintegrasi Nilai Islam Pada Siswa Kelas IV di Sekolah Dasar Islam Terpadu Al- Muthmainnah Kota Jambi. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul pada mata pelajaran
IPAS yang terintegrasi nilai Islam IPAS merupakan ilmu pengetahuan yang dapat
memicu anak untuk dapat mengelola lingkungan alam dan sosial dalam satu
kesatuan, namun kenyataannya pembelajaran IPAS menjadi pembelajaranyang
kurang menarik bagi siswa dimana pada saat jam pembelajaran berlangsung siswa
masih kurang memperhatikan guru yang menjelaskan didepan, siswa malah asik
bercerita dengan teman sebangkunya, dan kurangnya sifat toleransi dan tolong
menolong antar siswa. Disini pembelajaran IPAS masih menggunakan buku
paket. Untuk upaya meningkatkan minat siswa terhadap pembelajaran IPAS dan
menanamkan nilai Islam seperti sikap toleransi dna tolong menolong antar siswa
maka penulis melakukan pengembangkan modul IPAS yang terintegrasi nilai-nilai
Islam.
Maka penelitian ini membahas tentang Pengembangan Modul IPAS
Teritegrasi Nilai Islam. Penelitian ini dilakukan pada kelas IV SD IT Al-
Muthmainnah Kota Jambi. penelitian ini merupakan penelitian dan
pengembangan (research and Development) yaitu Bord and Gall. Hasil dari
penelitian ini berupa modul IPAS terintegrasi nilai Islam. Modul ini disusun
secara sistematis dan menarik yang mencukupi isi materi, metode dan evaluasi
yang dapatdigunakan secara mandiri untuk mencapai kompetensi yang
diharapkan. Modul ini terintegrasi nilai Islam yang bertujuan untuk menanamkan
sikap toleransi dan tolong menolong pada anak. Berdasarkan penilaian para ahli,
guru kelas dan siswa-siswi kelas IV D, Modul IPAS layak digunakan dalam
proses pembelajaran IPAS. dengan mendapatkan persentase dari para ahli,
persentari dari ahli materi 87,5%, ahli media 90% dan ahli bahasa 82,5%. Dengan
kataegori sangat layak digunakan. Dan dari hasil penilaian guru 96,5% dan dari
siswa berdasarkan uji coba awal yaitu 91% dan dari uji coba skala besar yaitu
95% dengan kriteria sangat efektif. Berdasarkan dari validasi ahli, penilaian guru
dan angket siswa maka modul sangat layak dan sangat efektif digunakan dalam
proses pembelajaran.
Kata Kunci: Modul, IPAS, Nilai-nilai Islam
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan keguruan > Pendidikan guru madrasah ibtidaiyah |
Depositing User: | Perpustakaan UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi |
Date Deposited: | 07 Jun 2024 02:51 |
Last Modified: | 17 Oct 2024 04:25 |
URI: | https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/874 |