Pengaruh Persepsi Harga, Cita Rasa dan Inovasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Usaha Jambi Cake and Bakery Di Kelurahan Payo Selincah Kota Jambi

NURWASILAH, NURWASILAH (2023) Pengaruh Persepsi Harga, Cita Rasa dan Inovasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Usaha Jambi Cake and Bakery Di Kelurahan Payo Selincah Kota Jambi. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[thumbnail of Nurwasilah 501190021 - Nurwasilah S.pdf] Text
Nurwasilah 501190021 - Nurwasilah S.pdf - Accepted Version

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh
persepsi harga, cita rasa dan inovasi produk terhadap keputusan pembelian
konsumen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitaif dan metode analisis
data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Sampel yang
digunakan dalam penelitian ini sebanyak 97 konsumen Jambi Cake and Bakery.
Hasil penelitian persepsi harga berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian
konsumen diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,001 < 0,005 dan t hitung > t tabel
yaitu sebesar 4,060 > 1,985. Cita rasa secara parsial tidak terdapat pengaruh dan
tidak signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen diperoleh nilai
signifikansi sebesar 0,501 > 0,05 nilai thitung (-0,675) < lebih kecil dari ttabel
(1,985). Dan inovasi produk secara parsial tidak terdapat pengaruh dan tidak
signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen diperoleh nilai signifikansi
sebesar 0,755 > 0,05 nilai thitung (-0,313 < lebih kecil dari ttabel (1,985). Hasil
penelitian keseluruhan menunjukkan bahwa nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05
dan nilai Fhitung (8,541) > Ftabel (3,105). Sehingga dapat disimpulkan bahwa
terdapat pengaruh yang signifikan antara persepsi harga, cita rasa dan inovasi
produk secara simultan secara bersama terhadap keputusan pembelian konsumen.
Berdasarkan hasil uji F maka dapat diketahui nilai signifikansi untuk pengaruh
persepsi harga (X1), cita rasa (X2) dan inovasi produk (X3) secara simultan
terhadap keputusan pembelian konsumen (Y) adalah sebesar 0,001 < 0,005 dan nilai
Fhitung > Ftabel (5,505> 2,70). Maka dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak yang
berarti terdapat pengaruh yang signifikan antara persepsi harga, cita rasa dan
inovasi produk terhadap keputusan pembelian konsumen. Nilai Adjusted R Square
(R2
) yang artinya keputusan pembelian konsumen dipengaruhi oleh persepsi harga,
cita rasa dan inovasi produk sebesar 12% sedangkan sisanya 88%. Dipengaruhi oleh
variabel lain yang tidak diteliti dalam model penelitian ini dan variabel yang paling
dominan berpengaruh adalah Persepsi Harga (X1).
Kata kunci : Persepsi Harga, Cita Rasa, Inovasi Produk, Keputusan Pembelian.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: editor
Date Deposited: 06 Jun 2024 08:27
Last Modified: 06 Jun 2024 08:27
URI: https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/869

Actions (login required)

View Item
View Item