Safitri, Fadilah (2023) Penerapan Model Pembelajaran Make A Match Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Aqidah Akhlak Siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri 5 Kota Jambi. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.
Full text not available from this repository.Abstract
Hasil belajar siswa pada kelas VIII C mengalami ketidaktuntasan
secara klasikal. Hal ini dilatar belakangi dengan seberapa aktif siswa dan
seberapa luas pemahaman dalam materi yang berdampak pada hasil
belajar. Untuk itu tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah
penerapan model Make A Match pada pembelajaran aqidah akhlak dapat
meningkatkan hasil belajar siswa di kelas VIII C Madrasah Tsanawiyah
Negeri 5 Kota Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas.
Kelas yang digunakan sebagai kelas yang diteliti adalah kelas VIII C
secara keseluruhan siswa dikelas tersebut. Teknik pengumpulan data
menggunakan soal pilihan ganda, wawancara, observasi dan
dokumentasi. Berdasarkan hasil penerapan model pembelajaran Make A
Match dikategorikan sangat baik. Hal ini dilihat skor hasil belajar siswa
setelah proses pembelajaran dari setiap siklusnya mengalami
peningkatan. Berdasarkan skor hasil belajar yang diperoleh siswa dari
siklus I nilai rata-rata 73,3 atau 17 siswa tuntas belajar, siklus II nilai
rata-rata 86,3 atau 27 siswa yang tuntas belajar. Jadi dapat disimpulkan
bahwa rata-rata peningkatan hasil belajar setelah penerapan model
pembelajaran Make A Match yang terjadi dari siklus I sampai siklus II
adalah sebesar 79,8 yang artinya melalui penerapan model pembelajaran
Make A Match mampu meningkatkan hasil belajar siswa.
Kata Kunci: Penerapan; Model pembelajaran Make A Match; hasil
belajar.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Perpustakaan UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi |
Date Deposited: | 06 Jun 2024 07:44 |
Last Modified: | 17 Oct 2024 06:54 |
URI: | https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/867 |