Meningkatkan Kecerdasan Sosial Emosional Anak Melalui Metode Bermain Peran di Taman Kanak-Kanak Islam An-Naba’ Desa Pijoan Kecamatan Jambi Luar Kota Kabupaten Muaro Jambi

Sandora, Titik (2023) Meningkatkan Kecerdasan Sosial Emosional Anak Melalui Metode Bermain Peran di Taman Kanak-Kanak Islam An-Naba’ Desa Pijoan Kecamatan Jambi Luar Kota Kabupaten Muaro Jambi. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[thumbnail of SKRIPSI TITIK SANDORA PIAUD B_compressed - Titik Sandora.pdf] Text
SKRIPSI TITIK SANDORA PIAUD B_compressed - Titik Sandora.pdf - Accepted Version

Download (989kB)

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas ini berjudul : “Meningkatkan Kecerdasan Sosial
Emosional Anak Melalui Metode Bermain Peran ditaman Kanak-Kanak Islam
An-Naba’ Desa Pijoan Kecamatan Jambi Luar Kota Kabupaten Muaro Jambi”
yang bertujuan untuk meningkatkan kecerdasan sosial emosional anak melalui
metode bermain peran pada anak usia 5-6 tahun. Metode penelitian ini
merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah 14 orang anak
yang terdiri, dari 8 anak laki-laki dan 6 anak perempuan. Permasalahan yang
terdapat di Taman Kanak-Kanak Islam An-Naba’ diantaranya Anak belum
memiliki rasa empati, anak belum bisa mengendalikan rasa amarahnya, dan anak
belum mampu berinteraksi dengan baik kepada temanya. Penelitian ini dilakukan
dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi,
dan refleksi. Teknik pengumpulan data ini yang digunakan dengan cara
observasi, wawancara, dokumentasi. Target pencapaian dalam penelitian ini
dengan perhitungan peresentase mencapai 75% dari jumlah anak. Teknik analisis
data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data,
kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peningkatan
kecerdasan sosial emosional anak meningkat setelah adanya metode tindakan
melalui kegiatan bermain peran. Pada tingkatan pra siklus sebesar 36,60%,
meningkat pada siklus I menjadi 60,11%, dan pada siklus II meningkat menjadi
83,03%. Dari uraian di atas dapat disimpulkan bahwa melalui metode bermain
peran dapat meningkatkan kecerdasan sosial emosional anak usia 5-6 tahun di
Taman Kanak-Kanak Islam An-Naba’ Desa Pijoan Kecamatan Jambi Luar Kota
Kabupaten Muaro Jambi.

Kata Kunci : Kecerdasan Sosial Emosional, Bermain Peran

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: editor
Date Deposited: 06 Jun 2024 07:43
Last Modified: 06 Jun 2024 07:43
URI: https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/866

Actions (login required)

View Item
View Item