Hubungan Antara Kemandirian Belajar Siswa Dengan Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Kota Jambi.

Romadhani, Nabila (2023) Hubungan Antara Kemandirian Belajar Siswa Dengan Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Kota Jambi. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[thumbnail of Nabila Romadhani 201190076 Hubungan Antara Kemandirian Belajar Siswa Dengan Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Kota Jambi  - Nabila Romadhani.pdf] Text
Nabila Romadhani 201190076 Hubungan Antara Kemandirian Belajar Siswa Dengan Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Kota Jambi - Nabila Romadhani.pdf - Accepted Version

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Antara Kemandirian Belajar Siswa
Dengan Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah
Menengah Pertama Negeri 4 Kota Jambi. Sampel dalam penelitian ini berjumlah
72 orang siswa kelas VIII dengan menggunakan metode pengambilan sampel
random sampling. Variabel yang diukur adalah kemandirian belajar dan prestasi
belajar. Untuk variabel kemandirian belajar menggunakan angket yang disebarkan
ke 72 orang siswa yang terpilih sebagai responden penelitian. Sedangkan variabel
Prestasi belajar didapat dari nilai rapor mata pelajaran Pendidikan Agama Islam
dari peserta didik tersebut. Hasil analisis statistik deskriptif menunjukkan bahwa
kemandirian belajar peserta didik kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 4
Kota Jambi dikategorikan cukup baik dengan skor rata-rata 73 dan prestasi belajar
secara kuantitatif dikategorikan cukup baik dengan rata-rata 76,77. Analisis
korelasi digunakan dalam menguji hubungan antara kemandirian belajar siswa
dengan prestasi belajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah
Menengah Pertama Negeri 4 Kota Jambi. Diperoleh hasil berikut: nilai ro 0,764
lebih besar dari pada nilai rt baik pada taraf signifikan 5% (0,232) maupun 1%
(0,302) . Hal ini membuktikan bahwa terdapat korelasi tinggi atau ada hubungan
yang kuat antara kemandirian belajar siswa dengan prestasi belajar di Sekolah
Menengah Pertama Negeri 4 Kota Jambi.

Kata kunci: kemandirian belajar, prestasi belajar, siswa

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
Date Deposited: 06 Jun 2024 07:38
Last Modified: 06 Jun 2024 07:38
URI: https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/864

Actions (login required)

View Item
View Item