Upaya Peningkatan Hasil Belajar Melalui Metode Active Learning Siswa Kelas V SDN 116/X Lambur 2 Kabupaten Tanjung Jabung Timur

Ayu Andriani, Ita (2023) Upaya Peningkatan Hasil Belajar Melalui Metode Active Learning Siswa Kelas V SDN 116/X Lambur 2 Kabupaten Tanjung Jabung Timur. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

Full text not available from this repository.

Abstract

Dasar usaha pendidikan adalah aktualisasi proses belajar mengajar. Tujuan dari setiap
upaya pembelajaran membutuhkan upaya bersama dari pihak guru dan siswa.
Tersedianya hasil belajar yang berkualitas bagi siswa seringkali dikaitkan dengan
prevalensi proses pembelajaran yang berkualitas. Guru harus dapat menyesuaikan
strategi pengajarannya dengan kebutuhan khusus siswanya, dan salah satu strategi
tersebut adalah pendekatan Pembelajaran Aktif, yang mendorong siswa untuk
melakukan lebih dari sekadar mendengarkan ceramah. Namun kenyataannya, mereka
belajar jauh lebih banyak dari itu. Kelas V SDN 116/X Lambur 2 terus berkutat dengan
rendahnya tingkat hasil belajar dan keterlibatan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk
melihat apakah dengan menggunakan Metode Pembelajaran Aktif pada siswa kelas V
di SDN 116/X Lambur 2 Kabupaten Tanjung Jabung Timur akan menghasilkan hasil
belajar yang lebih baik. Penelitian tindakan kelas (PTK) digunakan untuk penelitian ini;
Ini adalah proses dua siklus yang meliputi persiapan, implementasi, evaluasi, dan revisi.
Penelitian ini menggunakan observasi, dokumentasi, dan ujian prestasi belajar untuk
mengumpulkan data tingkat pemahaman siswa. Reduksi data, penyajian data, dan
penarikan kesimpulan atau verifikasi adalah tiga langkah dalam proses analisis data
yang dapat dilakukan dengan menggunakan metode analisis data kualitatif atau
prosedur analisis data kuantitatif statistik langsung. Penelitian tindakan menunjukkan
bahwa dengan menggunakan pendekatan Pembelajaran Aktif dapat meningkatkan
prestasi belajar siswa pada materi tema kelas V di SD Negeri 116/X Lambur 2. Siklus I
dalam penelitian ini berhasil mencapai 71,87 persen kasus, sedangkan siklus II berhasil
mencapai 75,95 persen. kasus. Guru bertugas menyelidiki Pendekatan Pembelajaran
Aktif. Hasil belajar siswa dapat ditingkatkan dengan menggunakan strategi Active
Learning..
Kata Kunci : Upaya, Hasil Belajar, Active Learning

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan keguruan > Pendidikan guru madrasah ibtidaiyah
Depositing User: editor
Date Deposited: 06 Jun 2024 07:29
Last Modified: 17 Oct 2024 04:19
URI: https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/861

Actions (login required)

View Item
View Item