Gusmar, M. Adib Sulhani (2023) Analisis Kualitas Website Madrasah Tsanawiah Negeri 6 Kota Jambi Terhadap Siswa Menggunakan Metode Webqual 4.0. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.
Full text not available from this repository.Abstract
Pada tahun 2018 pihak sekolah MTsN 6 Kota Jambi membangun sebuah
website, dari awal dibangun hingga tahun 2023, belum ada penelitian untuk
analisis kualitas website terhadap kepuasan pengguna dalam hal ini yaitu siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas website ketika dijalankan oleh
siswa, sehingga hasil dari penelitian ini akan mengetahui seberapa pengaruh
kualitas website terhadap kepuasan siswa. Penulis menggunakan SPSS versi 23
untuk mengolah data analisis ini. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan
metode WebQual 4.0. Pada metode ini terdapat variabel independen seperti
usability (kepuasan pengguna), information quality (kualitas informasi), service
interaction (interaksi layanan), dan dependen nya, yaitu user satisfaction
(kepuasan pengguna). Selanjutnya, penulis menggunakan analisis regresi linear
berganda. untuk teknik pengambilan sampel kuesioner yang menggunakan skala
likert. Hasil penelitian ini hasil uji t parsial menunjukkan variabel Usability (X1)
tidak berpengaruh kepada user satisfaction (Y) terlihat dari nilai thitung 1,554 <
ttabel 1,990 dan nilai signifikansi sebesar 0,124 > 0,05, variabel information
quality (X2) berpengaruh kepada user satisfaction (Y) terlihat dari nilai
thitung 3,711 > ttabel 1,990 dan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, dan
variabel service interaction (X3) berpengaruh kepada user satisfaction (Y) terlihat
dari nilai thitung 2,694 > ttabel 1,990 dan nilai signifikansi sebesar 0,009 < 0,05.
Sedangkan hasil pengaruh uji f simultan diperoleh pula nilai Fhitung = 45,098 >
Ftabel = 2,72 yang mana menunjukkan variabel bebas usability, information
quality, dan service interaction berpengaruh secara bersama-sama terhadap
variabel user satisfaction. Kontribusi ketiga variabel tersebut adalah sebesar 0,640
atau 64% sedangkan sisanya 36% dipengaruhi oleh faktor lain yang belum teruji.
Penelitian ini diharapkan dapat membantu pihak sekolah sebagai evaluasi kualitas
web mereka. Dengan demikian, agar situs web tersebut lebih baik kedepan nya.
Kata Kunci: Analisis Kepuasan Pengguna, Regresi Linier Berganda,
WebQual 4.0.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi |
Depositing User: | Perpustakaan UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi |
Date Deposited: | 06 Jun 2024 07:27 |
Last Modified: | 02 Oct 2024 01:44 |
URI: | https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/860 |