“Implementasi Pembelajaran Matematika Berbasis Wirausaha Dalam Menumbuhkan Disposisi Matematis Siswa Sekolah Menengah Kujuruan Negeri 1 Tanjung Jabung Barat”.

Indayani, Tri (2022) “Implementasi Pembelajaran Matematika Berbasis Wirausaha Dalam Menumbuhkan Disposisi Matematis Siswa Sekolah Menengah Kujuruan Negeri 1 Tanjung Jabung Barat”. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[thumbnail of Tri Indayani 208180074 Implementasi Pembelajaran Matematika Berbasis Wirausaha Dalam Menumbuhkan Disposisi Matematis Siswa Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Tanjung Jabung Barat - Tri Indayani.pdf] Text
Tri Indayani 208180074 Implementasi Pembelajaran Matematika Berbasis Wirausaha Dalam Menumbuhkan Disposisi Matematis Siswa Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Tanjung Jabung Barat - Tri Indayani.pdf - Accepted Version

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan cara bagaimana implementasi
pembelajaran matematika berbasis wirausaha dalam menumbuhkan disposisi
matematis siswa Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Tanjung Jabung Barat.
Penelitian ini di analisis dengan cara deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data
menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Peneliti
menggunakan triangulasi teknik sumber untuk menguji keabsahan data. Subjek
penelitian menggunakan purposive Sampling sebanyak 10 orang.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada implementasi pembelajaran
matematika dalam menumbuhkan disposisi matematis siswa didapatkan 7 orang
subjek penelitian termasuk dalam kategori sangat baik dan 3 orang subjek penelitian
termasuk dalam kategori cukup baik . kendala yang dihadapi dalam proses
menumbuhkan disposisi matematis siswa SMK Negeri 1 Tanjung Jabung Barat
antara lain siswa kurang memahami tentang simulasi pembelajaran dengan konsep
jual-beli atau yang lebih dikenal dengan Market day. Siswa berpikir bahwa jika
kegiatan tersebut mengharuskan siswa mengeluarkan dana atau modal padahal
kegiatan tersebut hanyalah jembatan bagi siswa agar memahami materi aritmatika .
Siswa terpaku pada pemahamannya sendiri tanpa bertanya pada guru dan mencari
tahu tentang kegiatan tersebut sehingga membuat siswa tidak termotivasi yang
menyebabkan kreativitas dan kepercayaan diri siswa berkurang.
Kata kunci : Implementasi Pembelajaran Matematika, Disposisi Matematis

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Perpustakaan UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
Date Deposited: 27 May 2024 01:20
Last Modified: 27 May 2024 01:20
URI: https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/86

Actions (login required)

View Item
View Item