Manajemen Penerimaan Peserta Didik di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu An-Nahl Percikan Iman Jambi

Anita, Surya (2023) Manajemen Penerimaan Peserta Didik di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu An-Nahl Percikan Iman Jambi. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[thumbnail of SKRIPSI_Surya Anita(203190084) Manajemen Penerimaan Peserta Didik Di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu An-Nahl Percikan Iman Jambi - Suryaanita Anita.pdf] Text
SKRIPSI_Surya Anita(203190084) Manajemen Penerimaan Peserta Didik Di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu An-Nahl Percikan Iman Jambi - Suryaanita Anita.pdf - Accepted Version

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan upaya kepala sekolah dalam
mengoptimalkan proses penerimaan peserta didik di Sekolah Menengah Pertama
Islam Terpadu An-Nahl Percikan Iman Jambi. Peneliti ini dilakukan dengan
menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan dengan
menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis
dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil
penelitian menujukkan bahwa: Pertama, proses penerimaan peserta didik di SMP
Islam Terpadu An-Nahl Percikan Iman Jambi dilakukan secara offline dan online.
Kedua, manajemen penerimaan peserta didik di SMP Islam Terpadu An-Nahl
Percikan Iman Jambi meliputi kegiatan perencanaan terdiri dari pembentukan
panitia, penetapan syarat-syarat penerimaan peserta didik, kegiatan
pengorganisasian terdiri dari tersusunnya sebuah perencanaan yang informasinya
melalui beberapa, yaitu: flayer, brosur, spanduk dan baliho, serta penetapan stand
PPDB. persiapan administrasi sarana dan prasarana, persiapan tes yaitu secara
lisan dan tertulis. Kegiatan pelaksanaan terdiri dari kegiatan BKA, Sosialisasi
antar sekolah, silatuhrahmi kepada wali murid dan masyarakat sekitar. Kegiatan
evaluasi terdiri dari proses pendaftaran secara offline dan online yang di mana
wawancara orang tua sangat penting untuk kelancaran dalam proses pembelajaran
dan terakhir pengumuman kelulusan terhadap peserta didik. Ketiga, upaya kepala
sekolah dalam meningkatkan sistem penerimaan peserta didik dilakukan melalui
beberapa hal menjalin komunikasi yang lebih intens bersama guru dan
stakeholder.
Kata Kunci : Manajemen, Penerimaan peserta didik, peserta didik

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Perpustakaan UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
Date Deposited: 06 Jun 2024 07:13
Last Modified: 06 Jun 2024 07:13
URI: https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/854

Actions (login required)

View Item
View Item