Analisis perancangan video pembelajaran menggunakan metode mdlc studi kasus mata kuliah taksonomi tumbuhan pertemuan ke 4

Gunawan, Ari (2023) Analisis perancangan video pembelajaran menggunakan metode mdlc studi kasus mata kuliah taksonomi tumbuhan pertemuan ke 4. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

Full text not available from this repository.

Abstract

Untuk menyampaikan pembelajaran secara online diperlukan
berbagai media. Salah satu media pembelajaran yang diberlakukan oleh
Dosen di Perguruan tinggi adalah media pembelajaran melalui Video
Pembelajaran. Media video pembelajaran menyajikan pesan audio dan visual
yang membantu mahasiswa memahami materi pelajaran. Salah satu mata
kuliah yang mengharuskan siswa memiliki hubungan langsung dengan
materi pelajaran adalah Taksonomi Tumbuhan. Sebagai contoh, saat siswa
mempelajari tentang karakteristik tumbuhan lumut, mereka harus melihat
tumbuhan lumut di sekitar mereka. Hal ini dilakukan karena siswa akan
belajar lebih baik jika mereka langsung terlibat dengan subjek yang mereka
pelajari dan berada di lingkungan sekitar mereka. Ada banyak metode
perancangan video yang bisa digunakan untuk membantu dosen atau
pengajar dalam membuat atau merancang video pembelajaran. Salah satu
metode perancangan video adalah MDLC (Multimedia Development life
Cycle). Metode MDLC adalah metode yang tepat untuk merancang dan
mengembangkan media yang menggabungkan media gambar, suara, video,
animasi, dan lainnya. Metode MDLC terdiri dari enam tahapan, yaitu konsep,
desain, pengumpulan material, pembuatan, pengujian, dan distribusi.
Penelitian ini memiliki tujuan untuk perancangan video pembelajaran, maka
berdasarkan hal tersebut penelitian ini menggunakan metode pendekatan
R&D (Research and Development) merupakan penelitian yang digunakan
untuk menghasilkan produk tertentu dan menguji keefektifan produk
tersebut. Hasil dari perancangan ini yaitu berupa produk video pembelajaran
dengan judul ”Video Pembelajaran Taksonomi Tumbuhan Pertemuan ke 4”
Dengan format Mp4. Video ini termasuk kedalam kategori sangat baik
karena pada tahapan uji kelayakan dengan beta testing yaitu validasi media
pembelajaran yang terdiri dari dosen ahli media dan dosen ahli materi, video
ini diperoleh persentase 90,58% oleh ahli media dan 92% oleh ahli materi,
dimana hasil akhir analisis dari data penilaian kedua ahli menunjukkan
bahwa video yang dirancang dapat dinyatakan layak digunakan sebagai
media pembelajaran.

Kata Kunci : Analisis, MDLC, Taksonomi Tumbuhan, Video Pembelajaran

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi
Depositing User: Perpustakaan UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
Date Deposited: 06 Jun 2024 07:13
Last Modified: 02 Oct 2024 01:44
URI: https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/851

Actions (login required)

View Item
View Item