Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 17bTanjung Jabung Timur.

Sahadat, Andri (2023) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 17bTanjung Jabung Timur. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[thumbnail of Andri Sahadat (208180088) - Tadris Matematika - andri sahadat.pdf] Text
Andri Sahadat (208180088) - Tadris Matematika - andri sahadat.pdf - Accepted Version

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model
pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa
kelas VII SMPN 17 Tanjung Jabung Timur. Populasi dalam penelitian ini adalah
seluruh siswa kelas VII SMPN 17 Tanjung Jabung Timur.Sampel pada penelitian
ini yaitu hanya 2 kelas dengan menggunakan teknik simple random sampling.
Berdasarkan teknik tersebut, diperoleh 2 kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas
kontrol masing-masing terdiri dari 25 orang siswa. Teknik pengumpulan data
dengan menggunakan test berbentuk uraian dengan jumlah 5 butir soal. Analisis
data pada penelitian ini menggunakan analisis data uji t dan uji effect size. Dari
hasil perhitungan uji t diperoleh. tt 5% < t0 > 1% = 2,01 < 7,93 > 2,69. Dan hasil
dari uji effect size d= 1,16 (tinggi ). Dari hasil perhitungan tersebut, peneliti
menemukan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning berpengaruh
terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas VII Sekolah Menengah Pertama
Negeri 17 Tanjung Jabung Timur.

Kata kunci: Problem Based Learning. Kemampuan Berpikir Kritis.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Dinda Arynomi Milenia Putri
Date Deposited: 06 Jun 2024 06:57
Last Modified: 06 Jun 2024 08:09
URI: https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/850

Actions (login required)

View Item
View Item