Penerapan Metode Pembelajaran Card SortUntuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Pada Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Islam Al Falah Kota Jambi

Rahayu, Dwi (2023) Penerapan Metode Pembelajaran Card SortUntuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Pada Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Islam Al Falah Kota Jambi. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[thumbnail of SKRIPSI DWI RAHAYU - Dwi Rahayu.pdf] Text
SKRIPSI DWI RAHAYU - Dwi Rahayu.pdf - Accepted Version

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang Penerapan Metode Pembelajaran Card Sort
Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Pada Pelajaran Pendidikan
Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Islam Al Falah Kota Jambi. Skripsi
jenis penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas), yang melibatkan
guru dan siswa/i kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Islam Al Falah Kota
Jambi dengan bertujuan untuk mengetahui penerapan metodecard sort terhadap
hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas VIII Sekolah Menengah
Pertama Islam Al Falah Kota Jambi.Subjek Penelitian adalah peserta didik
kelasVIII 1 Sekolah Menengah Pertama Islam Al Falah Kota Jambi yang
berjumlah 28 siswa yang terdiri dari 13 laki-laki dan 15 perempuan. Pengumpulan
data dilakukan dengan wawancara, lembar observasi dan tes tertulis yang
dilakukan setiap akhir siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi
dan refleksi. Dalam penerapan metodecard sort ini terjadi peningkatan hasil
belajar siswa setiap siklusnya. Pra Siklus skor rata-rata siswa 67,5%. Siklus I skor
rata-rata siswa 73,21%. Siklus II skor rata-rata siswa 85,53%. Skor rata-rata siswa
yang tuntas pada Pra Siklus 21,42%. Skor rata-rata siswa yang tuntas pada Siklus
I 39,28%. Skor rata-rata siswa yang tuntas pada Siklus II 85,71%.Berdasarkan
hasil penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa metode card sort dapat
meningkatkan hasil belajar siswa kelasVIII 1 Sekolah Menengah Pertama Islam
Al Falah Kota Jambi karena dapat kita lihat dari Pra Siklus sampai Siklus II
terjadi peningkatan yang signifikan maka penerapan metodecard sort ini di
nyatakan berhasil.
Kata Kunci:Penerapan; Metode Pembelajaran Card Sort, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
Date Deposited: 06 Jun 2024 06:57
Last Modified: 06 Jun 2024 06:57
URI: https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/849

Actions (login required)

View Item
View Item