“Strategi Pemasaran Pegadaian Syariah di kota Jambi”

Nurlaila, Nurlaila (2023) “Strategi Pemasaran Pegadaian Syariah di kota Jambi”. Masters thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[thumbnail of NURLAILA 802202007 STRATEGI PEMASARAN PEGADAIAN SYARIAH DI KOTA JAMBI - Nur Laila.pdf] Text
NURLAILA 802202007 STRATEGI PEMASARAN PEGADAIAN SYARIAH DI KOTA JAMBI - Nur Laila.pdf - Accepted Version

Download (3MB)

Abstract

Pegadaian Syariah kota Jambi telah berdiri selama 13 tahun. Kehadirannya
diharapkan mampu memberikan solusi bagi masyarakat yang sedang
membutuhkan dana secara cepat. Namun kurangnya tim marketing dan
promosi yang dilakukan menyebabkan jumlah nasabah menjadi fluktuatif.
Data menunjukkan dari 3,28 jiwa penduduk muslim di Jambi, hanya 1,3%
yang memakai jasa pegadaian syariah. Sementara 2,9% menggunakan jasa
pegadaian konvensional. Artinya setengah penduduk muslim kota Jambi
yang memakai jasa pegadaian lebih memilih menggunakan pegadaian
konvensional dari pada pegadaian syariah. Penelitian ini bertujuan untuk
pertama, mengetahui strategi pemasaran yang telah dilakukan pegadaian
syariah di kota Jambi. Kedua, mengetahui kendala-kendala yang dihadapi
pegadaian syariah di kota Jambi dalam menjalankan strategi pemasaran.
Ketiga, mengetahui solusi pegadaian syariah di kota Jambi dalam
menjalankan strategi pemasaran. Penelitian ini menggunakan metode
kualitatif. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data-data dalam
penelitian ini yaitu melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil
penelitian ini adalah pertama, strategi pemasaran yang telah dilakukan
pegadaian syariah di kota Jambi yaitu: Strategi dalam bidang produk, harga,
distribusi, dan promosi. Kedua, kendala yang dihadapi terjadi karena faktor
internal dan eksternal. Faktor internal karyawan yang merangkap tugas, SDM
di pegadaian syariah kota Jambi memahami sepenuhnya prinsip Syariah,
belum mengoptimalkan teknologi dan sosial media. Sementara faktor
eksternal persaingan bisnis dengan lembaga keuangan lain, kurangnya
pemahaman masyarakat tentang Pegadaian Syariah. Kedua, solusi dalam
menerapkan strategi pemasaran dengan merekrut SDM yang keahlian lebih
banyak, memberikan pelatihan dan pembinaan kepada karyawan dan
mengaktifkan sosial media dan meluncurkan produk yang menarik untuk
masyarakat. Strategi pemasaran yang telah diterapkan oleh pegadaian
syariah di kota Jambi telah dilakukan dengan baik, meskipun masih harus
ada perbaikan dan peningkatan dalam pemasaran yang dilakukan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Program Pascasarjana > Ekonomi Syariah (S2)
Depositing User: Dinda Arynomi Milenia Putri
Date Deposited: 06 Jun 2024 06:54
Last Modified: 06 Jun 2024 06:54
URI: https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/848

Actions (login required)

View Item
View Item