:Penggunaan Strategi Starter Experiment Approach (SEA) Terhadap Hasil Belajar Fisika Pada Materi Tekanan Kelas VIII di SMP Islam Al-Falah Kota Jambi

Nurhasanah, Nurhasanah (2020) :Penggunaan Strategi Starter Experiment Approach (SEA) Terhadap Hasil Belajar Fisika Pada Materi Tekanan Kelas VIII di SMP Islam Al-Falah Kota Jambi. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

Full text not available from this repository.

Abstract

Skripsi ini bertujuan untuk mengetsahui Pengaruh Penggunaan Strategi
Pembelajaran Starter Experiment Approach terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah
Menengah Pertama Islam Al-Falah Kota Jambi. Penelitian ini menggunakan desain
posttest only control design dimana teknik pengambilan sampel menggunakan
cluster random sampling, sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan tes.
Dalam penelitian ini terdapat dua kelompok subjek penelitian yaitu kelas VIII.3
kelas eksperimen yang diberi perlakuan dengan Strategi Pembelajaran Starter
Eksperimen Approach (SEA) sedangkan kelas VIII.2 merupakan kelas control yang
tidak diberikan perlakuan Strategi Pembelajaran Starter Eksperimen Approach
(SEA). Dilihat dari pengumpulan data yang telah diperoleh, hasil perhitungan nilai
rata-rata aspek kognitif kelas eksperiment sebesar 80,61 dan kelas kontrol sebesar
68,87. Berdasarkan hasil analisis tersebut didapatkan bahwa, aspek kognitif dengan
nilai to ≥ tt yaitu 3,75 > 2,00 DAN 3,75 > 2,65. Berdasarkan data tersebut,
menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada penggunaan Strategi
Starter Eksperiment Approach (SEA) terhadap hasil belajar fisika siswa Sekolah
Menengah Pertama Kota Jambi. Hasil penelitian ini menyarankan agar guru dapat
menerapkan Strategi Starter Eksperiment Approach (SEA) dalam pembelajaran
fisika khususnya pada materi tekanan.

Kata kunci: Strategi Starter Eksperiment Approach (SEA), Fisika, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan keguruan > Tadris Fisika
Depositing User: editor
Date Deposited: 27 May 2024 01:14
Last Modified: 16 Oct 2024 01:44
URI: https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/84

Actions (login required)

View Item
View Item