Febrianty, Indah (2023) Penerapan Media Mock-upuntuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Tentang Sistem Pencernaan Manusia Materi Tema 3 di Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri 4 Muaro Jambi. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.
Full text not available from this repository.Abstract
Skripsi ini membahas tentang Penerapan Media Mock-up untuk Meningkatkan
Pemahaman Siswa Tentang Sistem Pencernaan Manusia Materi Tema 3 di Kelas
V Madrasah Ibtidaiyah Negeri 4 Muaro Jambi. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh
Rendahnya pemahaman siswa pada tema 3 materi tentang bagaimana tubuh
mengolah makanan dan terbatasnya media pembelajaran yang digunakan oleh
guru, sehingga peneliti melakukan perbaikan pembelajaran dengan menggunakan
media Mock-Up. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan
media Mock-Up tentang sistem pencernaan manusia dalam meningkatkan
pemahaman konsep materi tema 3.Untuk mengetahui peningkatan penerapan
media mock-up terhadap pembelajaran siswa tentang sistem pencernaan manusia
di kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri 4 Muaro Jambi. Metode penelitian yang
digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan
model kurt Lewin yang dilaksanakan dalam dua siklus. Masing-masing siklus
terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini
adalah siswa kelas V-B Madrasah Ibtidaiyah Negeri 4 Muaro Jambi. Teknik
pengumpulan data yang digunakan adalah wawacara, observasi, tes, dan
dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah pedoman wawancara,
lembar observasi aktifitas guru dan siswa, dan tes tulis pemahaman siswa. Hasil
dari penelitian menunjukkan bahwa: 1) penggunaan media Mock-Uppada materi
sistem pencernaan manusia pembelajaran tematik tema3 kelas V-B Madrasah
Ibtidaiyah Negeri 4 Muaro Jambi dapat terlaksana dengan baik. Dibuktikan
dengan hasil aktivitas guru pada siklus I memperoleh nilai 65%dengan kualifikasi
cukup, meningkat pada siklus II memperoleh nilai 90% dengan kualifikasi baik.
kemudian pada siklus I aktivitas siswa memperoleh nilai 80%dengan kualifikasi
cukup, mengalami peningkatan pada siklus II dengan nilai 93dengan kualifikasi
baik.2) Pemahaman siswa pada pembelajaran tematik tema 3 mengalami
peningkatan didukung dengan tes tulis. Peningkatan tersebut juga dilihat dari hasil
pra siklus hingga siklus II. Hasil presentaseketuntasan pemahaman siswa pada
tahap prasiklus yaitu 33%,meningkat pada siklus I yaitu 66%, dengan kualifikasi
cukup, dan meningkat pada siklus II yaitu 88% dengan kualifikasi baik.
Kata Kunci: Peningkatan Pemahaman, Materi Tema 3 Media Mock-Up.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan keguruan > Pendidikan guru madrasah ibtidaiyah |
Depositing User: | Perpustakaan UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi |
Date Deposited: | 06 Jun 2024 04:36 |
Last Modified: | 17 Oct 2024 04:20 |
URI: | https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/830 |