Penerapan Metode Pembelajaran SQ3R (Survey, Question, Read, Recite And Review) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI Di Kelas VIII C Sekolah Menengah Pertama Negeri 19 Kota Jambi

Anita, Wilda (2023) Penerapan Metode Pembelajaran SQ3R (Survey, Question, Read, Recite And Review) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI Di Kelas VIII C Sekolah Menengah Pertama Negeri 19 Kota Jambi. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[thumbnail of WILDA ANITA 201190006 PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN SQ3R (SURVEY, QUESTION, READ, RECITE AND REVIEW) DALAM  MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELJARAN PAI DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 19 KOTA JAMBI - Wi.pdf] Text
WILDA ANITA 201190006 PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN SQ3R (SURVEY, QUESTION, READ, RECITE AND REVIEW) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELJARAN PAI DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 19 KOTA JAMBI - Wi.pdf - Accepted Version

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang masalah yang terjadi disekolah Menengah Pertama Negeri 19
Kota Jambi yaitu rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan
Agama Islam yang disebabkan oleh minimnya pengetahuan guru akan stragi dan
metode yang cocok, metode caramah yang digunakan guru menyebabkan anak
kurang semangat dan merasa bosan sehingga hasil belajar pun terhambat. Tujuan
dari peneliti yaitu ingin mengetahui lebih dalam dan menerapkan metode
pembelajaran yang baru yaitu metode pembelajaran SQ3R (Survey, Question, Read,
Recite And Review) sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai. Jenis penelitian
ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Resaerch) secara
kolaboratif. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII C SMP Negeri 19
Kota Jambi yang berjumlah 29 orang serta menggunakan metode pembelajaran
SQ3R untuk meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam kelas VIII C
SEkolah Menengah Pertama Negeri 19 Kota Jambi. Desain penetitian ini mengacu
pada desain pada penelitian tindakan kelas menurut Kemmis Dan Mc.Teggar yang
meliputi empat tahap yaitu: (1) Perencanaan (2) Tindakan (3) Pengamatan (4)
Refleksi. Data yang diperoleh dengan menggunakan: perangkat penelitian, tes
tertulis, lembar observasi, dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
dengan menerapkan metode pembelajaran SQ3R (Survey, Question, Read, Recite
And Review) meningkatan hasil belajar siswa. dilihat dari tes yang telah dilakukan
pada saat pra siklus, Siklus I dan Siklus II dengan presentase ketuntasan awal pra
siklus sebesar 65,17% menjadi 72,06% pada siklus I dan meningkat secara
signifikan menjadi 86,20% pada siklus II. Aktifitas belajar siswa pada siklus I yaitu
71,66% meningkat menjadi 90,83% pada siklus II. dengan demikian hasil penelitian
disekolah Menengah Pertama Negeri 19 Kota Jambi telah tercapai dengan baik.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Metode SQ3R, Pendidikan Agama Islam

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Dinda Arynomi Milenia Putri
Date Deposited: 06 Jun 2024 04:04
Last Modified: 06 Jun 2024 04:04
URI: https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/827

Actions (login required)

View Item
View Item