Mauliana, Lia (2023) Strategi Guru Al-Qur’an Hadits Dalam Memperbaiki Bacaan Al-Qur’an Siswa Di Madrasah Tsanawiyah Tarbiyatussa’adah Sarolangun Provinsi Jambi. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.
Full text not available from this repository.Abstract
Skripsi ini membahas tentang Strategi Guru Dalam Memperbaiki Bacaan Al-
Qur’an pada siswa kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Tarbiyatussa’adah
Sarolangun Porovinsi Jambi. Kendala yang menghambat tercapainya tujuan dalam
memperbaiki bacaan Al-Qur’an salah satunya adalah maharijul huruf dan
tajwidnya,oleh karena itu dalam proses pembelajaran, guru dituntut harus
memiliki strategi dalam melaksanakan tugas mengajarnya.
Penelitian ini merupakan deskriptif dengan metode pendekatan kualitatif yang
bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis Strategi Guru Dalam Memperbaiki
Bacaan Al-Qur’an siswa kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Tarbiyatussa’adah
Porovinsi Jambi, sedangkan teknik pengumpulan data melalui observasi,
wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian dapatlah disimpulkan,
Strategi guru Al-Qur’an Hadits dalam memperbaiki bacaan Al-Qur’an siswa di
MTs Tarbiyatussa’adah sarolangun Meliputi: a. guru menerapkan strategi,sebelum
masuk pada pembelajaran selanjutnya, guru mengulang kembali pembelajaran
yang minggu lalu, b. guru menerapkan strategi pembelajaran Inquiri dengan
metode tanya jawab antara guru dan siswa, c. strategi pembelajaran problem
based learning( PBL ) dengan metode fokus permasalahan. Faktor pendukung dan
penghambat yang dihadapi guru Al-Qur’an Hadits dalam memperbaiki bacaan Al-
Qur’an siswa di MTs Tarbiyatussa’adah sarolangunMeliputi hambatan : a.
Kurangnya kelancaran dalam membaca Al-Qur’an, b. Kurang aktifnya siswa
dalam membawa Al-Qur’an, c. Kurangnya fasilitas sehingga tidak terlalu
memadai dalam pelajaran, Meliputi dukungan: a. minat siswa yang sangan
antusias dalam membaca Al-Qur’an, b. semangatnya siswa dalam mempelajari
materi tajwid dan memperbaiki maharijul hurufnya.Solusi guru al-Qur’an Hadits
dalam mengatasi hambatan yang Dihadapi dalam memperbaiki bacaan Al-Qur’an
siswa di MTs Tarbiyatussa’adah sarolangun: hasil dari strategi yang diterapkan
guru sangat membantu siswa dalam memcahkan masalah yang dihadapi siswa
terhadap bacaan Al-Qur’an dan penyampaian maharijul hurufnya beserta tajwid
dan bisamenghilangkan kebosanan siswa dalam pembelajaran dengan
menggunakan strategi berupa metode Tanya jawab sehingga siswa bersemangat
untuk menjawab pertanyaan yang diberikan.
Kata kunci: Strategi Guru, Bacaan Al-Qur’an
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Dinda Arynomi Milenia Putri |
Date Deposited: | 06 Jun 2024 03:49 |
Last Modified: | 17 Oct 2024 06:31 |
URI: | https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/824 |