Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Kecerdasan Spiritual Peserta Didik Disekolah Menengah Pertama Negeri 1 Tungkal Ulu Kecamatan Tungkal Ulu Kabupaten Tanjung Jabung Barat Provinsi Jambi. Tesis Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sultan Thaha Saifuddin Jambi, Tahun 2023.

Rosdalisa, Rosdalisa (2023) Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Kecerdasan Spiritual Peserta Didik Disekolah Menengah Pertama Negeri 1 Tungkal Ulu Kecamatan Tungkal Ulu Kabupaten Tanjung Jabung Barat Provinsi Jambi. Tesis Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sultan Thaha Saifuddin Jambi, Tahun 2023. Masters thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[thumbnail of Rosdalisa 801210061 Profesionalisme Guru Pend - Rosdalisa.pdf] Text
Rosdalisa 801210061 Profesionalisme Guru Pend - Rosdalisa.pdf - Accepted Version

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini memaparkan tentang “Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Kecerdasan Spiritual Peserta Didik Disekolah Menengah Pertama Negeri 1 Tungkal Ulu Kecamatan Tungkal Ulu Kabupaten Tanjung Jabung Barat Provinsi Jambi” yang mencakup bagaimana kondisi kecerdasan spiritual peserta didik, apa saja upaya profesionalisme Guru PAI dalam meningkatkan kecerdasan spiritual peserta didik, bagaimana dengan hasil dari upaya yang telah Guru PAI lakukan dalam menyelesaikan kendala yang dihadapi untuk meningkatkan kecerdasan spiritual peserta didik dan pentingnya profesionalisme guru pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kecerdasan spiritual peserta didik. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif. Metode yang digunakan adalah observasi wawancara dan dokumentasi. Analisis datanya adalah reduksi display dan penarikan kesimpulan. Temuan dan analisis penelitian yaitu, 1) Kondisi kecerdasan spiritualpeserta didik bisa dikatakan masih kurang spiritual.2) Upaya profesionalismeyang dilakukan Guru PAI dalam meningkatkan kecerdasan spiritual meliputi: melaksanakan yasiinan setiap hari jum‟at, sholat dzuhur berjamaah, kesenian group sholawat, penyelenggaraan jenazah, pembiasaan berinfaq, guru PAI harus menjadi contoh perilaku yang tepat bagi peserta didik, guru PAI memandu peserta didik dalam memahami kehidupan yang tidak dapat diprediksi, guru PAI mendorong peserta didik untuk membaca Al-Qur‟an dan menjelaskan bagaimanamaknanya dihubungkan dengan kehidupan manusia, guru PAI memberikananekdot-anekdot yang mencerahkan mengenai kepribadian spiritual kepadakelas, serta guru PAI mendorong peserta didik untuk mendiskusikan berbagai topik dari sudut pandang Islam di kelas. 3) Hasil dari upaya yang telah Guru PAI lakukan meliputi: Kepatuhan peserta didik, peserta didik selalu mengerjakan tugas, sopan terhadap guru dan teman, serta aktif kegiatan yasiinan. 4)Pentingnya profesionalisme guru PAI adalah mempengaruhi kemampuan peserta didik untuk belaljar secaral efektif daln efesien sehingga tercapai tujuan dari pendidikaln.
Kata Kunci: Profesionalisme,

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (S2)
Depositing User: Dinda Arynomi Milenia Putri
Date Deposited: 06 Jun 2024 03:45
Last Modified: 06 Jun 2024 03:45
URI: https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/822

Actions (login required)

View Item
View Item