berjudul “Upaya Guru Al-Qur’an Hadits Dalam Meningkatkan Minat baca Al-Quar’an Siswa Kelas XI IPS di Madrasah Aliyah Laboratorium Kota Jambi”.

Mayanti, Sri Indah (2023) berjudul “Upaya Guru Al-Qur’an Hadits Dalam Meningkatkan Minat baca Al-Quar’an Siswa Kelas XI IPS di Madrasah Aliyah Laboratorium Kota Jambi”. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[thumbnail of Skripsi Sri Indah Edi Mayanti - Sri indah Edi mayanti.pdf] Text
Skripsi Sri Indah Edi Mayanti - Sri indah Edi mayanti.pdf - Accepted Version

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang upaya guru Al-Qur’an Hadits dalam
meningkatkan minat baca Al-Quran siswa kelas XI IPS di Madrasah Aliyah
Laboratorium Kota Jambi. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplor mengenai:

1) Upaya guru Al-Qur’an hadist, 2) faktor pendukung dan penghambat guru Al-
Quran Hadits, 3) Keberhasilan guru Al-Quran hadist dalam meningkatkan minat

baca Al-Qur’an. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif.
Adapun sumber data penelitian ini adalah data primer dan data skunder. Data
primer Guru Al-Qur’an Hadist dan juga siswa kelas XI IPS Madrasah Aliyah
Laboratorium Kota Jambi. Adapun data sekuder dari pengamatan ini yaitu yang
ada relevansinya dengan penelitian. Metode pengumpulan data yang digunakan
adalah observasi wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui empat
tahap, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan
kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya guru Al-Qur’an Hadits
dalam meningkatkan minat baca Al-Qur’an siswa kelas XI IPS di Madrasah
Aliyah Laboratorium Kota Jambi yaitu: Upaya guru Al-Qur’an Hadits sebagai
pendidik, pembimbing, motivator, fasilitator dan evaluator. Faktor pendukung
guru Al-Qur’an Hadits dalam meningkatkan minat baca Al-Qur’an siswa kelas XI
IPS Madrasaha Aliyah Laboratorium Kota Jambi yaitu, fasilitas yang cukup
memadai, dorongan, atau bantuan dari guru, motivasi, manajemen yang baik. Dan
faktor penghambatnya yaitu, latar belakang siswa yang berbeda-beda, waktu yang
sebenarnya masih kurang untuk mempelajari Al-Qur’an, dan adanya siswa yang
belum memiliki kesadaran untuk membaca dan mempelajari Al-Qur’an.
Keberhasilan guru Al-Qur’an Hadits dalam meningkatkan minat baca Al-Qur’an
siswa kelas XI IPS di Madrasah Aliyah Laboratorium Kota Jambi dapat dilihat
dengan adanya perubahan kelancaran siswa dalam membaca Al-Qur’an,
kemahiran serta semangat yang tinggi peserta didik di dalam membaca Al-Qur’an.
Kata Kunci: Upaya Guru Al-Qur’an Hadits, Minat Baca Siswa, Al-Qur’an

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
Date Deposited: 06 Jun 2024 03:37
Last Modified: 06 Jun 2024 03:37
URI: https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/820

Actions (login required)

View Item
View Item