Manajemen Pemasaran Kepala Sekolah Dalam Upaya Meningkatkan Jumlah Peserta Didik Di Madrasah Aliyah Nurul Iman Singkut

Aulia, Meri (2023) Manajemen Pemasaran Kepala Sekolah Dalam Upaya Meningkatkan Jumlah Peserta Didik Di Madrasah Aliyah Nurul Iman Singkut. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[thumbnail of Meri Aulia 801210018 Manajemen pemasaran kepala sekolah dalam upaya meningkatkan jumlah peserta didik di Madrasah Aliyah Nurul Iman Singkut - Meri Aulia.pdf] Text
Meri Aulia 801210018 Manajemen pemasaran kepala sekolah dalam upaya meningkatkan jumlah peserta didik di Madrasah Aliyah Nurul Iman Singkut - Meri Aulia.pdf - Accepted Version

Download (5MB)

Abstract

Manajemen pemasaran kepala sekolah dalam upaya meningkatkan
jumlah peserta didik di Madrasah Aliyah Nurul Iman merupakan penelitian
yang bertujuan untuk menganalisis bagaimana kepala sekolah melakukan
manajemen pemasaran dalam meningkatkan jumlah peserta didik.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan
menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi.
Sedangkan analisis data yang dilakukan menggunakan reduksi data,
penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya
manajemen pemasaran yang dilakukan oleh kepala madrasah yaitu:
Pertama, melakukan analisis pasar dengan melihat peluang yang ada,
memahami tentang persaingan dengan lembaga pendidikan. Kedua,
pembentukan tim atau panitia yang akan bertugas dalam menjalankan
strategi pemasaran sekaligus persiapan penerimaan peserta didik serta
melibatkan OSIS. Ketiga, Upaya tahap pelaksanaan yaitu melakukan
strategi pemasaran bersamaan dengan kegiatan penerimaan peserta didik
yaitu: 1). melakukan promosi menggunakan periklanan media cetak,
seperti pemasangan banner atau spanduk, pembagian brosur. 2).
Mengoptimalkan hubungan dengan berbagai pihak seperti lembaga
pendidikan maupun institusi lainnya. 3). Promosi dari mulut ke mulut,
seperti melaksanakan kegiatan sosialisasi. Keempat, tahap pengawasan
ini yaitu melakukan rapat evaluasi mingguan dengan seluruh tim atau
kepanitiaan dengan tujuan agar seluruhnya terkoordinir dengan baik.
Selain itu kepala madrasah juga memberikan arahan kepada ketua panitia
untuk tetap melaksanakan pengawasan terhadap anggota, dan kepada
guru memberikan arahan dan pengawasan terhadap peserta didik yang
membantu dalam proses pemasaran.
Kata Kunci: Manajemen Pemasaran, Kepala Sekolah, Meningkatkan

Jumlah Peserta Didik

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (S2)
Depositing User: Perpustakaan UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
Date Deposited: 06 Jun 2024 03:39
Last Modified: 06 Jun 2024 03:39
URI: https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/818

Actions (login required)

View Item
View Item