Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Karakter Disiplin pada Siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 17 Sarolangun Provinsi Jambi

Suryani, Lili (2023) Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Karakter Disiplin pada Siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 17 Sarolangun Provinsi Jambi. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

Full text not available from this repository.

Abstract

Saat ini cukup banyak terjadi permasalahan karakter pada siswa yang dapat
menimbulkan kesenjangan antara siswa dan perilakunya, masih terdapat siswa
yang melakukan pelanggaran pada masa perkembangannya seperti kurang
Disiplin. Adapun tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana
Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Karakter Disiplin pada
Siswa SMP Negeri 17 Sarolangun Provinsi Jambi. Penelitian ini merupakan
penelitian Kualitatif yang bersifat deskriptif dan Teknik pengumpulan data
melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi adapun Teknik analisis data
adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa Gambaran kedisiplinan siswa terkait disiplin waktu, menaati
dan menegakkan peraturan, sikap dan Ibadah di SMP Negeri 17 Sarolangun yaitu
siswa wajib datang selambatnya pukul 07.10 WIB kemudian mengikuti Apel pagi
jam 07.15 s/d 07.30 WIB, waktu belajar dimulai pada jam 07.30 WIB dan
berakhir sesuai jadwal (roster), Berpenampilan sesuai dengan tata tertib sekolah
yakni memakai atribut sekolah dengan lengkap, Berperilaku dan bertutur kata
dengan sopan dan santun kepada sesama, tidak berbicara kasar dan tidak
mengobrol saat jam pelajaran berlangsung serta disiplin menjalankan sholat
berjamaah di Musollah. Kedisiplinan di SMP Negeri 17 Sarolangun sudah cukup
baik, hanya saja ada beberapa siswa yang perlu ditanamkan kesadarannya terkait
pentingnya kedisiplinan dan itu perlu ditingkatkan lagi. Faktor yang menghambat
guru dalam membentuk karakter disiplin pada siswa yaitu pertama faktor Internal
yakni faktor dari siswa itu sendiri, kurangnya kesadaran siswa terhadap tata tertib
sekolah serta ada unsur keterpaksaan dalam menjalankan pembiasaan kedisiplinan
dan Kedua faktor eksternal atau faktor keluarga yakni adanya orang tua siswa
yang belum mengerti tentang pentingnya pendidikan dan kedisiplinan. Strategi
Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Karakter Disiplin pada Siswa
SMP Negeri 17 Sarolangun yaitu Membuat aturan atau perjanjian yang tegas,
Menjadi panutan atau role model bagi siswa, Memberikan pujian atau motivasi,
Memberikan nasihat dan Menjalin kerja sama dengan orang tua.
Kata Kunci : Strategi Guru PAI, Karakter Disiplin

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
Date Deposited: 06 Jun 2024 03:08
Last Modified: 17 Oct 2024 07:00
URI: https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/809

Actions (login required)

View Item
View Item