Pendidikan Karakter Religius Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler di Madrasah Tsanawiyah Negeri 6 Kota Jambi

Ulmi, Dinda Kharisma (2023) Pendidikan Karakter Religius Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler di Madrasah Tsanawiyah Negeri 6 Kota Jambi. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[thumbnail of SKRIPSI_DINDA KHARISMA ULMI_PAI-1 - Dinda Kharisma.pdf] Text
SKRIPSI_DINDA KHARISMA ULMI_PAI-1 - Dinda Kharisma.pdf - Accepted Version

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pendidikan karakter religius
melalui kegiatan ekstrakurikuler di Madrasah Tsanawiyah Negeri 6 Kota Jambi.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek
penelitian adalah kepala madrasah, guru pembina, dan siswa. Teknik pengumpulan
data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik
analisis data menggunakan model Milles and Huberman yaitu reduksi data, display
data, dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data menggunakan teknik
triangulasi. Temuan yang didapat di lokasi penelitian adalah bentuk nilai-nilai yang
didapat dari siswa yang mengikuti ekstrakurikuler, salah satu contohnya nilai
ketuhanan yaitu dengan ikut beribadah sholat dzuhur berjamaah. Hasil penelitian
menunjukan bahwa: Setiap kegiatan ekstrakurikuler itu pastinya memiliki
perencanaan, dengan izin yang didapat dari kepala madrasah barulah suatu kegiatan
itu bisa dilaksankan. Hal itu tidak terlepas dari upaya pembina bekerjasama dengan
pelatih juga agar proses kegiatan dalam ekstrakurikuler dapat berjalan lancar.
Pelaksanaan pendidikan karakter religius di madrasah ini biasanya dilakukan
kegiatan yasinan dan tahlil, dimana pemimpin nya yaitu siswa dengan tujuan agar
siswa lebih berani tampil didepan publik, lalu nilai yang terdapat dalam kegiatan
ekstrakurikuler kebanyakan tentang keagamaan. Kendala besar yang dihadapi ialah
banyak siswa merasa ekstrakurikuler itu tidak penting, lalu rasa malas yang timbul
sehingga mereka tidak latihan akhirnya malah ketinggalan pelajaran yang ada di
ekstrakurikuler. Maka dari itu disarankan bagi madrasah sebagai pemegang kendali
utama untuk lebih memberikan dukungan kepada berbagai ekstrakurikuler yang ada
di madrasah, contohnya dengan memberikan dana agar kegiatan-kegiatan di
masing-masing ekstrakurikuler tercapai, dengan dana yang ada setiap
ekstrakurikuler dapat mengelola nya sebaik mungkin. Dan bagi pembina
ekstrakurikuler disarankan untuk menyesuaikan waktu latihan dengan jam pulang
sekolah, sehingga siswa tidak menunggu lama agar tidak ada lagi rasa malas.
Kata Kunci: Pendidikan, Karakter Religius, Ekstakurikuler, Madrasah Tsanawiyah

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Perpustakaan UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
Date Deposited: 06 Jun 2024 03:08
Last Modified: 06 Jun 2024 03:08
URI: https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/808

Actions (login required)

View Item
View Item