Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Terhadap Kemampuan Literasi Sains dan Penguasaan Konsep Ilmu Pengetahuan Alam Siswa Sekolah Menengah Pertama

Ningsih, Fatma Nurfah (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Terhadap Kemampuan Literasi Sains dan Penguasaan Konsep Ilmu Pengetahuan Alam Siswa Sekolah Menengah Pertama. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[thumbnail of Skripsi Fatma Watermark_compressed - Dea Ananda Saputri.pdf] Text
Skripsi Fatma Watermark_compressed - Dea Ananda Saputri.pdf - Accepted Version

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran
Inquiry terhadap kemampuan literasi sains dan penguasaan konsep Ilmu
Pengetahuan Allam siswa Sekolah Menengah Pertama. Penelitian ini merupakan
penelitian kuantitatif dengan metode kuasi eksperimen dengan desain Posttest
only control Design dengan sampel 64 orang siswa yang terdiri dari dua kelas.
Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu 10 soal literasi sains dan 10
soal penguasaan konsep. Hasil analisis dari perolehan skor rata-rata posttest
literasi sains untuk kelas kontrol dengan nilai 60,9375 sedangkan untuk kelas
eksperimen dengan rata-rata nilai posttest literasi sains adalah 72,1875. Selain itu,
hasil analisis dari perolehan skor rata-rata posttest penguasaan konsep untuk kelas
kontrol dengan nilai 59,0625sedangkan untuk kelas eksperimen dengan rata-rata
nilai posttest literasi sains adalah 75,625. Hasil pengujian dari uji-t literasi sains
diperoleh nilai thitung adalah 2,625119 dan nilai ttabel adalah sebesar 1,9989715.
Maka dapat ditarik kesimpulan bahwa thitung > ttabel. Dapat diartikan terdapat
pengaruh signifikan model pembelajaran Inquiry terhadap kemampuan literasi
sains siswa di SMPN 7 Muaro jambi. Hasil pengujian dari uji-t penguasaan
konsep diperoleh nilai thitung adalah 3,56101 dan nilai ttabel adalah sebesar
1,9989715. Dapat ditarik kesimpulan bahwa thitung > ttabel. Dapat diartikan terdapat
pengaruh signifikan model pembelajaran Inquiry terhadap penguasaan konsep
siswa di SMPN 7 Muaro jambi.
Kata kunci: Model Pembelajaran Inquiry, Kemampuan Literasi Sains,

Penguasaan Konsep

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan keguruan > Tadris Fisika
Depositing User: Perpustakaan UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
Date Deposited: 06 Jun 2024 02:17
Last Modified: 06 Jun 2024 02:17
URI: https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/800

Actions (login required)

View Item
View Item