Setiawati, Dila (2023) Penerapan Model Pembelajaran Read, Answer, Discuss, Explain and Create (RADEC) Untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Siswa Kelas 3 MIS Nurul Yaqin Muaro Jambi. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.
Full text not available from this repository.Abstract
Skripsi ini membahas tentang Penerapan model pembeljaaran Radec untuk
meningkatkan keterampilan kolaborasi siswa dalam pembelajaran tematik kelas
III MIS Nurul Yaqin. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana
peningkatan keterampilan kolaborasi siswa kelas III dengan model Radec.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas menggunakan model Kemmis
& Mc Taggart. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III MIS Nurul Yaqin
Simpang Sungai Duren, sedangkan objek penelitian adalah penerapan
pembelajaran tematik muatan Bahasa Indonesia dan SBDP dengan menggunakan
model pembelajaran Radec pada Tema 7 (Perkembangan Teknologi) Subtema 2
(Perkembangan Teknologi Produksi Sandang) dan Subtema 3 (Perkembangan
Teknologi Komunikasi). Penelitian ini dilaksankaan dalam dua siklus dan empat
tahap meliputi : 1) Perencanaan, 2) Tindakan, 3) Observasi, 4) Refleksi. Data
diperoleh melalui wawancara, observasi, dokumentasi dan rubrik penilaian
keterampilan kolaborasi. Menggunakan analisis kualitatif untuk analisis data,
termasuk pengumpulan data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Radec dapat
meningkatkan keterampilan kolaborasi siswa dalam proses pembelajaran.
Peningkatan keterampilan kolaborasi siswa yang terjadi pada siklus I memperoleh
nilai 72%, pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 85%.
Kata Kunci : Keterampilan Kolaborasi, RADEC, Pembelajaran Tematik
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan keguruan > Pendidikan guru madrasah ibtidaiyah |
Depositing User: | Perpustakaan UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi |
Date Deposited: | 06 Jun 2024 01:43 |
Last Modified: | 17 Oct 2024 04:58 |
URI: | https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/777 |