Penerapan Metode Demonstrasi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Menengah Atas Negeri 15 Tebo

Melia, Melia (2023) Penerapan Metode Demonstrasi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Menengah Atas Negeri 15 Tebo. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[thumbnail of MELIA 201190059  - Melia.pdf] Text
MELIA 201190059 - Melia.pdf - Accepted Version

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan metode
demonstrasi dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran
pendidikan agama islam di Sekolah Menengah Atas Negeri 15 Tebo. Karena
pembelajaran masih menggunakan metode ceramah dan tanya jawab,dimana guru
lebih aktif dan siswa cenderung diam. Tujuan peneliti menyarankan menggunakan
metode demonstrasi ini karena metode ini menggunakan media yang mempunyai
unsur gambar dan peragaan. Agar siswa lebih memahami tidak hanya dari teori
saja tetapi dengan prakteknya juga. Metode yang digunakan adalah Penelitian
Tindakan Kelas, yang mana PTK ini adalah kegiatan belajar berupa sebuah
tindakan yang sengaja dimunculkan dan terjadi dalam sebuah kelas secara
bersama-sama. Tindakan tersebut diberikan oleh guru atau dengan arahan dari
guru yang dilakukan oleh siswa. Hasil yang peneliti peroleh dari penerapan
metode demonstrasi dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran
pendidikan agama islam di kelas XI MIPA dengan jumlah siswa 17 orang. Hal ini
dapat dilihat dari ketuntasan belajar siswa yang cukup signifikan dari dua siklus
yang telah dilaksanakan, ini terlihat dari kenaikan nilai rata-rata siswa pada pra
siklus yaitu 63,82, kemudian pada siklus I yaitu 71,41 dan pada siklus II yaitu
84,59. Demikian pula pada persentase ketuntasan belajar siswa juga mengalami
peningkatan, yaitu 23,53% pada pra siklus, 64,71% pada siklus I, dan 94,12%
pada siklus II. Berati kenaikan persentase ketuntasan belajar pada pra siklus ke
siklus I setelah dilakukan perbaikan sebesar 41,17% dan meningkat pada siklus I
ke siklus II sebesar 29,41%.
Kata Kunci : Metode Demonstrasi dan Peningkatan Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
Date Deposited: 06 Jun 2024 01:40
Last Modified: 06 Jun 2024 01:40
URI: https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/775

Actions (login required)

View Item
View Item